Tak Sulit Redakan Nyeri Sendi, Ini 5 Obat Alami yang Ampuh Obati Asam Urat


Ilustrasi Pisang-Luis Quintero-Pexels

SEPUTAR SURABAYA - Asam Urat yang menumpuk di dalam darah akan menyebabkan daerah persendian menjadi Nyeri. Oleh karena itu, para penderita Asam Urat membutuhkan obat mujarab yang dapat melonggarkan Penyakit mereka sehingga tidak menganggu aktivitas.

Namun karena penelitian yang lebih meluas, saat ini asam urat tidak hanya bisa diobati dengan cara dan obat-obat medis saja. Tapi bisa juga menggunakan bahan-Bahan Alami yang mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir melalui Healthline, terdapat beberapa bahan alami yang memiliki kandungan tertentu dan ampuh untuk mengurangi nyeri pada asam urat. Berikut bahan-bahan alami tersebut:

(BACA JUGA:Tak Banyak yang Tahu! Konsumsi Banyak Buah Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental, Begini Penjelasan Pakar)

1. Jahe


jahe-congerdesign-pixabay

Bahan alami satu ini memang paling sering digunakan sebagai bahan alami obat mujarab untuk berbagai penyakit. Begitu pula untuk asam urat.

Sebuah studi menunjukkan apabila jahe topikal dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri yang berhubungan dengan asam urat.

Anda bisa menggunakan jahe sebagai obat asam urat dengan cara merebus satu sendok makan parutan jahe segar dengan air. Lalu rendam lap bersih ke dalam rebusan tersebut dan tempelkan pada bagian yang terasa nyeri selama 15 hingga 30 menit.

Selain itu Anda bisa mengkonsumsi rebusan jahe dengan komposisi dua sendok makan parutan jahe yang direbus selama 10 menit. Anda bisa mengkonsumsi minuman ini tiga hari sekali.

(BACA JUGA:Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Kontrol Kolesterol setelah Perayaan Idul Adha)

2. Seledri


Seledri-Pixabay / ptanpm-Pixabay / ptanpm

Mulai dari ekstrak hingga biji Sayuran seledri ini telah dikenal sebagai obat rumahan yang mujarab untuk mengobati asam urat. Seledri juga dipercaya dapat mengobati peradangan.

Anda bisa membeli ekstrak seledri dengan mengikuti petunjuk penggunaannya. Dan disarankan untuk mengkonsumsi seledri dalam jumlah yang cukup.

3. Pisang


Ilustrasi Pisang-Luis Quintero-Pexels

Pisang memilii kandungan potasium yang melimpah. Sedangkan potasium ini memiliki kegunaan untuk membantu jaringan dan organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Karena itu, pisang bisa menjadi salah satu opsi Anda sebagai obat asam urat alami.

Namun Anda juga harus ingat apabila pisang memiliki kandungan gula dan fruktosa yang dapat meningkatkan asupan gula harian jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

(BACA JUGA:Imbangi Konsumsi Daging Berlemak dengan 3 Minuman Sehat Ini, Ampuh Usir Kolesterol Jahat!)

Untuk mengobati asam urat dengan buah pisang, Anda disarankan mengkonsumsi buah kuning ini satu kali dalam satu hari.

4. Apel


ilustrasi buah [email protected]

Selanjutnya adalah buah apel. Apel memiliki kandungan asam malat, yaitu senyawa yang diyakini dapat menurunkan kadar asam urat.

Jika Anda ingin mengurangi rasa nyeri karena asam urat, disarankan untuk mengkonsumsi apel satu kali dalam satu hari dan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena selain pisang, buah apel juga mengandung fruktosa yang tinggi.

5. Ceri


Ilustrasi buah ceri-Pixabay / stevepb-Pixabay / stevepb

Melalui survey yang dilakukan pada tahun 2016, ceri adalah salah satu obat rumahan mujarab yang dapat mengobati asam urat dengan efektif.

(BACA JUGA:Tak Banyak yang Tau, 3 Cangkir Kopi Sehari Baik untuk Kesehatan Ginjal! Kok Bisa? Simak Ini Penjelasannya)

Berbagai jenis ceri dipercaya memiliki khasiat yang dapat mengurangi rasa sakit pada asam urat. Ini termasuk seperti ekstraknya maupun dalam bentuk jus.

Selain itu, pada studi tahun 2012, ceri juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mencegah serangan asam urat. Oleh penelitian ini, disarankan untuk mengkonsumsi ceri dalam bentuk apapun setidaknya dalam kurun waktu 2 (dua) hari.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat yang efektif untuk meredakan nyeri karena ulah asam urat yang Anda derita.

Namun meski terdapat bahan-bahan alami yang dapat membantu Anda meredakan asam urat, tentu saja pengobatan oleh dokter professional dibutuhkan untuk mengatasi penyakit ini lebih dalam.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : healthline