Bertambah Lagi! Jumlah Jemaah Haji yang Meninggal Dunia Mencapai 80 Orang


Jamaah [email protected]_ri-Instagram

SEPUTAR SURABAYA - Kementerian Agama (Kemenag) catat total jemaah Haji Indonesia yang meninggal dunia di tanah suci saat ini tengah mencapai 80 orang.

Melalui Juru Bicara PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Pusat, Wawan Djunaedi, mengatakan bahwa data Jemaah haji yang telah wafat bertambah 2 (dua) orang sehingga membuat total jemaah yang meninggal hingga saat ini menjadi 80 orang.

“Data jemaah wafat bertambah dua orang atas nama  Yulina Arifin kloter perempuan, kloter JKG 23, Asal Embarkasi Jakarta Pondokgede, dan Hannah Hasan Artam, perempuan, 54 tahun, kloter SUB 23, asal Embarkasi Surabaya. Sehingga jumah jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 80 orang,” ujar Wawan kepada para wartawan di Jakarta pada Minggu (31/7) kemarin.

(BACA JUGA:Kembali Bertambah, Kemenag Beberkan Jumlah Jemaah Haji Meninggal Sebanyak 62 Orang)

Tak hanya itu, Wawan juga menuturkan bahwasanya saat ini Jemaah yang tengah dalam keadaan sakit terdapat 71 orang. Rinciannya adalah 48 orang dirawat di KKHI Mekkah dan 23 orang lainnya dirawat di RSAS.

Wawan kemudian menjabarkan total Jemaah haji yang telah kembali di tanah air. Baik haji regular maupun Jemaah haji khusus.

“Hingga (31/7), jumlah jemaah haji reguler yang telah tiba di tanah Air sebanyak 47.490 orang. Jemaah Haji Khusus sebanyak 6.828 orang. Sementara, jemaah gelombang dua yang telah berada di Madinah sebanyak 94 kloter dengan jumlah jemaah 36.605 orang,” sambung Jubir PPIH tersebut.

(BACA JUGA:Jelang Puncak Ibadah Haji, Menag Yaqut Tekankan 2 Hal Ini Kepada Para Jamaah yang Berangkat ke Tanah Suci)

Lebih jauh, Jemaah haji kloter ke dua akan dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

“Selama di Madinah, jamaah akan tinggal antara 8-9 hari dengan memperhitungkan kecukupan waktu salat arbain atau salat fardhu 40 waktu,” ucapnya.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Nasional