Suspek Monkeypox Datangi Jateng, Ganjar Pranowo Desak Pemerintah Lakukan Pengetatan Pintu Masuk ke Indonesia


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Provinsi Jawa Tengah-jatengprov.go.id

SEPUTAR SURABAYA - Demi mengantisipasi masuknya Cacar Monyet atau Monkeypox ke Indonesia, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, minta pemerintah untuk segera lakukan pengetatan pintu masuk ke Indonesia.

Permintaan Ganjar Pranowo ini didasari dari satu orang yang diduga terjaring monkeypox berada di Jawa Tengah.

Melalui laman resmi jatengprov.go.id, Ganjar mengungkap bahwa satu orang suspek ini masih ditangani dan terus dipantau oleh Dinas Kesehatan.

(BACA JUGA:Menular dari Sentuhan Fisik, Menkes Budi Gunadi Minta Masyarakat Waspada Gejala Monkeypox)

“Kita masih pantau terus sampai hari ini. Kemarin ada yang bercirikan seperti itu, tapi masih didalami,” ucap Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Kepala Dinkes Jateng, Yunita Dyah Suminar, juga mengatakan bahwa pasien tersebut saat ini tengah menjalani isolasi. Dan kondisinya juga masih dipantau secara intensif oleh pihak rumah sakit setempat.

Ganjar menegaskan saat ini pihaknya serta Dinas Kesehatan setempat belum berani memastikan status suspek tersebut menjadi positif monkeypox meski sudah bergejala.

(BACA JUGA:Pakar Hukum Refly Harun Komentari Hasil Autopsi Brigadir J, Menduga Ada Unsur Kesengajaan)

“Kita belum berani menentukan apakah itu monkeypox atau bukan, tapi kita lagi pantau,” tambahnya.

Setelahnya, Ganjar Pranowo meminta pemerintah Indonesia untuk memastikan keamanan warganya lebih jauh agar virus cacar monyet ini tidak berkembang biak di Indonesia.

Gubernur Jawa Tengah itu juga berharap agar pemerintah dapat memperketat pintu masuk ke Indonesia, mengingat bahwa virus cacar monyet ini datang dari luar.

(BACA JUGA:Istri Ferdy Sambo Jadi Satu-satunya Saksi Kunci Kasus Dugaan Pelecehan Seksual oleh Brigadir J)

“Kami meminta, karena ini pasti ada pengaruh dari luar, maka pintu masuk Indonesia masih butuh pengetatan-pengetatan dan checking menggunakan banyak peralatan agar kita bisa aman,” desak Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga sempat menyinggung bahwa sebelumnya terdapat kasus serupa mengenai suspek adanya monkeypox datang ke Indonesia. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, hasil dari suspek tersebut adalah negatif.

Gubernur Jawa Tengah tersebut kemudian meminta warga Indonesia khususnya masyarakat Jawa Tengah untuk tetap tenang dan tidak panik. Serta menjaga pola hidup sehat dengan kesadaran masing-masing.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Nasional