Umat Muslim Wajib Tahu, Berikut Amalan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Maknanya


Muslim sedang berdoa-Konevi-Pixabay

SEPUTAR SURABAYA - Berikut ini terdapat sejumlah amalan Doa setelah mengerjakan Sholat Dhuha yang wajib diketahui oleh umat Muslim.

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan. Umumnya sholat dhuha ini dapat dilaksanakan paling sedikit dua rakaat dan paling banyak delapan rakaat.

Seperti yang diketahui, sholat dhuha dapat dilaksanakan hingga gelincir matahari atau waktu zuhur. Sholat dhuha umumnya dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu sholat untuk memperlancar rezeki.

Tak hanya itu, sholat dhuha juga dikenal dapat memperpanjang umur. Di samping itu, dalam mengerjakan sholat dhuha, di waktu inilah seorang hamba Allah SWT dapat memanjatkan doa khusus kepada Sang Rahman dan Sang Rahim.

Melansir dari laman resmi Nu Online, terdapat sejumlah amalan doa yang dianjurkan untuk dilafalkan, antara lain:

(BACA JUGA:Keutamaan Memperbanyak Sholawat di Hari Jumat, Ini Kata Buya Yahya)

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ 

Allāhumma innad dhuhā’a dhuhā’uka, wal bahā’a bahā’uka, wal jamāla jamāluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka

Artinya: “Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu.”

اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعْسِرًا (مُعَسَّرًا) فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ 

Allāhuma in kāna rizqī fis samā’i fa anzilhu, wa inkāna fil ardhi fa akhrijhu, wa inkāna mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kāna harāman fa thahhirhu, wa inkāna ba‘īdan fa qarribhu, bi haqqi duhā’ika wa bahā’ika wa jamālika wa quwwatika wa qudratika. ātinī mā atayta ‘ibādakas shālihīn

(BACA JUGA:Mujarab! Amalkan 5 Doa Ini agar Anak Cerdas, Saleh dan Salihah serta Terlindungi dari Gangguan Setan)

Artinya: “Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh.”

Kemudian, doa yang dianjurkan untuk dilafalkan ialah sebagai berikut.

اَللهُمَّ بِكَ أُصَاوِلُ وَبِكَ أُحَاوِلُ وَبِكُ أُقَاتِلُ 

Allāhumma bika ushāwilu, wa bika uhāwilu, wa bika uqātilu

Artinya: “Dengan-Mu, aku menerjang. Dengan-Mu, aku berupaya. Dengan-Mu, aku berjuang.” 

(BACA JUGA:Ternyata Ada Peran Orangtua Dibaliknya! Berikut 3 Penyebab Anak Menjadi Nakal Menurut Ustazah Oki Setiana Dewi)

Untuk penutup, dianjurkan juga untuk menutup doa sholat dhuha dengan lafal berikut ini sebanyak 40 atau 100 kali jika memungkinkan:

 رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ 

Rabbighfir lī, warhamnī, wa tub ‘alayya, innaka antat tawwābur rahīm

Artinya: “Tuhanku, ampunilah aku. Kasihanilah daku. Terimalah tobatku. Sungguh, Kau maha penerima tobat dan maha penyayang.”

(BACA JUGA:Punya Keutamaan Menarik Segala Kebaikan, Berikut Amalan Doa 99 Asmaul Husna Lengkap dengan Maknanya)

Demikian sejumlah amalan doa yang dianjurkan untuk dilafalkan setelah mengerjakan sholat dhuha.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Oase