Cek Deh! Ini Tips Mudah Untuk Vegetarian Agar Tidak Kekurangan Zat Besi


Ilustrasi Makanan Vegetarian-Mali Maeder-Pexels

SEPUTAR SURABAYA - Para Vegetarian biasanya akan menghindari produk-produk yang memiliki sumber protein besar penghasil Zat Besi seperti daging, susu, keju, dan sebagainya. Dan jika seseorang mengalami kekurangan Zat Besi, maka hal itu akan berbahaya bagi tubuh.

Kekurangan zat besi dalam tubuh akan mengakibatkan tubuh kekurangan Sel Darah Merah yang bertugas membawa dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Bahayanya, banyak orang yang tidak menyadari jika mereka mengalami kekurangan sel darah merah atau yang lebih dikenal dengan Anemia. Oleh karena itu, mengkonsumsi produk dengan zat besi akan membantu memecahkan masalah tersebut.

(BACA JUGA:Tak Sulit Redakan Nyeri Sendi, Ini 5 Obat Alami yang Ampuh Obati Asam Urat)

Namun bagaimana jika penderita anemia adalah seorang vegetarian? Melansir melalui Stanford Blood Center, zat besi memiliki dua macam. Yaitu zat besi heme dan non-heme.

Perbedaan kedua zat besi ini adalah heme tipe zat besi yang dapat ditemukan pada produk hewani dan lebih mudah diserap oleh tubuh. Sedangkan zat besi non-heme berasal dari makanan vegan yang sulit untuk diserap tubuh.

Namun tak perlu khawatir, jika Anda seorang vegetarian, Anda dapat mengkonsumsi produk yang memiliki sumber zat besi non-heme bersamaan dengan produk yang mengandung Vitamin C. Karena Vitamin C ini kemudian akan membantu tubuh Anda menyerap zat besi nabati tersebut.

(BACA JUGA:Tak Banyak yang Tahu! Konsumsi Banyak Buah Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental, Begini Penjelasan Pakar)

Berikut daftar makanan yang kaya akan vitamin C dan dapat membantu tubuh Anda dalam penyerapan zat besi non-heme: 


Ilustrasi Brokoli-Cats Coming-Pexels

- Buah dan jus sitrus, seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis

- Brokoli

- Paprika

- Kiwi

- Stroberi

(BACA JUGA:Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Tubuh! Apa Saja? Simak Ini Penjelasannya)

- Tomat

- Pepaya

- Melon


Ilustrasi Alpukat-ready made-Pexels

Selain produk yang memiliki sumber Vitamin C, Anda bisa mengkonsumsi makanan vegetarian yang juga memiliki kandungan zat besi seperti:

- Makanan dari gandum, seperti sereal, oatmeal, dan pasta

- Alpukat

- Bayam

- Kacang hijau

(BACA JUGA:Imbangi Konsumsi Daging Berlemak dengan 3 Minuman Sehat Ini, Ampuh Usir Kolesterol Jahat!)

- Kentang Kacang dan biji-bijian, termasuk olahannya, seperti tahu dan tempe

- Buah-buahan kering, seperti kismis

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Kesehatan