Mengenal Diet Water Fasting, Salah Satu Cara Turunkan Berat Badan dengan Cepat dan Hemat


Ilustrasi Water Fasting-Pixabay/mojzagrebinfo-Pixabay/mojzagrebinfo

SEPUTAR SURABAYA - Bagi Anda yang ingin menurunkan Berat Badan tanpa mengeluarkan modal terlalu banyak, berikut ini terdapat penjelasan Water Fasting yang bisa menjadi pilihan Diet Anda.

Water Fasting merupakan salah satu teknik menurunkan berat badan dengan cepat tanpa perlu menguras dompet Anda.

Bagaimana tidak? Anda hanya membutuhkan Air yang harus dikonsumsi selama melakukan proses diet water fasting.

Tak sedikit orang memilih diet water fasting sebagai solusi menurunkan berat badan lantaran khasiat yang dirasakan terbilang cukup cepat.

Akan tetapi, cara menurunkan berat badan dengan metode water fasting ini tidak direkomendasikan untuk sejumlah orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

(BACA JUGA:7 Cara Turunkan Berat Badan Agar Bentuk Tubuh Ideal, Nomor 5 Pasti Masih Sering Anda Lakukan) 

Melansir dari laman The Healthy, berikut ini beberapa hal yang harus Anda kenali terkait water fasting sebelum Anda mencobanya.

1. Bahaya Water Fasting

Dalam sebuah studi 2018, diterbitkan di BMC Complementary and Alternative Medicine dan dilakukan di TrueNorth Health Center, metode water fasting rupanya memiliki efek samping pada tubuh mulai dari ringan hingga yang cukup serius.

Efek samping ringan yang dijumpai dari melakukan metode water fasting ini adalah mual, sakit kepala, insomnia, sakit punggung, gangguan pencernaan, dan kelelahan.

Sementara efek samping yang cukup serius ditemukan dua kejadian di mana pasien sampai harus membutuhkan rawat inap.

(BACA JUGA:Yuk Ikuti! 5 Kebiasaan ini Bisa Turunkan Berat Badan)

Water fasting juga dapat menimbulkan ketidakseimbangan nutrisi. Itulah sebabnya para ahli medis tidak merekomendasikan metode ini apabila Anda dalam kondisi hamil, penderita diabetes, dan gangguan makan.

2. Keuntungan untuk Medis

Pada studi tahun 2016 yang diterbitkan di BMC Cancer, water fasting ini dapat merangsang autophagy, yakni sebuah proses yang membantu tubuh Anda memecah dan mendaur ulang bagian-bagian lama dari sel-sel Anda. Hal ini dapat membantu proses pembuangan bagian-bagian sel dan membuat sel-sel baru.

3. Cara Melakukan Water Fasting

Sebelum memulai water fasting, Anda dapat mempersiapkan tubuh Anda dengan makan porsi yang lebih kecil dan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Hal ini dilakukan agar tubuh sudah terbiasa dengan kebiasaan baru yang akan dilakukan.

(BACA JUGA:Mengatur Berat Badan Hingga Mengurangi Risiko Penyakit Jantung, Berikut Fakta tentang Tidur yang Harus Anda Ketahui)

Karena Anda hanya mengonsumsi air, Anda mungkin perlu minum lebih banyak air daripada yang biasa dilakukan untuk menghindari Dehidrasi.

Saat menjalani proses ini, Anda tidak dianjurkan untuk menghindari latihan atau pekerjaan yang berat dan harus lebih banyak beristirahat.

Hal terpenting sebelum melakukan water fasting, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan medis menyeluruh. Pasalnya, tidak semua orang dapat melakukannya.

Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu pada dokter/ahli profesional.

(SS)

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : the healthy