Heboh Kasus Mutilasi 4 Warga Papua oleh TNI, Ini Hasil Investigasi Komnas HAM


Ilustrasi pembunuhan -Clker-Free-Vector-Images-pixabay

SEPUTAR SURABAYA - Komnas Ham memberikan penyataan resmi terkait hasil investigasi kasus Mutilasi 4 warga Nduga Timika, Mimika, Papua yang melibatkan anggota Tni.

Peristiwa tragis ini terjadi pada 22 Agustus 2022. Pihak kepolisian telah menetapkan tersangka yang terlibat yakni selain anggota TNI pelaku juga berasal dari warga sipil. 

Terkait kasus ini, Komnas HAM turut melakukan penyelidikan lantaran diduga ada pelanggaran HAM yang dilakukan pelaku terhadap korban mutilasi. Melalui keterangan pers di laman resmi Komnas HAM pada (20/09), Komnas HAM menyampaikan hasil temuan penyelidikan yang dilakukan pihak Komnas HAM.

(BACA JUGA:Ingin Lolos Seleksi Tes Panwascam 2022? 6 Materi Ini Wajib Dikuasai, Cek Apa Saja di Sini)

Dalam laman resminya Komnas HAM memberikan pernyataan bahwa perwakilan KOMNAS HAM Provinsi Papua telah melakukan tinjauan lokasi dan menghadiri proses rekonstruksi pada tanggal 2-4 September 2022. 

Berikut ini hasil temuan komnas HAM terkait tinjuan lokasi yang dilakukan. Berikut poin-poin penting hasil Investigasi lapangan yang telah disarikan:

1. Lokasi perencanaan pembunuhan

Dalam point pertamanya Komnas HAM memaparkan hasil tinjuan lokasi yang telah dilakukan. Lokasi perencanana pembunuhan tersebut dilakukan di sebuah bengkel las dan penampungan  solar yang disebut para pelaku dengan 'Mako'.

(BACA JUGA:Obati Kangen! Pemkot Surabaya Mengadakan Pameran Nostalgia Srimulat, Cek Infonya di Sini)

"Meninjau lokasi perencanaan pembunuhan dan mutilasi, Berdasarkan tinjauan lokasi, diketahui bahwa lokasi perencanaan dilakukan di bengkel las dan penampungan solar di Nawaripi milik salah satu pelaku. Lokasi tersebut dikenal oleh para pelaku dengan sebutan Mako," Papar Komnas HAM.

2. Terdapat Saksi Mata

dalam pemaparan hasil investigasinya Komnas HAM juga menyebutkan bahwa terdapat saksi yang mengetahui peristiwa pembunuhan tersebut.

(BACA JUGA:Mengejutkan! Seorang Petani Meninggal Dunia Akibat Tertelan Tulang Ikan, Ususnya sampai Robek)

"Meninjau langsung lokasi pembunuhan berdasarkan tinjauan lokasi, diketahui lokasi pembunuhan terletak di lahan kosong di SP 1. Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika. Pada malam hari lokasi tersebut sepi dan tidak ada penerangan lampu. Diperoleh informasi bahwa ada sejumlah saksi yang mengetahui peristiwa pembunuhan," Jelas Komnas HAM.

`
Kategori : Nasional