Kenali dengan Benar, Inilah 6 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual


Ilustrasi Pelecehan Pada [email protected]_smith2-freepik

SEPUTAR SURABAYA - Tak sedikit Pelecehan Seksual yang kerap menimpa Anak-Anak yang lebih muda sebagai korbannya, terlebih pada Anak-Anak yang hidup dalam kemiskinan dan dengan kebutuhan khusus.

Kebanyakan kejadian tak manusiawi ini terjadi pada anak-anak meskipun mungkin juga dapat terjadi pada orang dewasa. Hal ini, dapat menyebabkan masalah psikologis yang serius serta peningkatan risiko kanker dan lainnya.

Pelecehan seksual tidak cukup hanya diketahui dari adanya memar atau cedera yang sering kali tidak dapat dijelaskan oleh anak-anak.

Melalui laman Insider, terdapat tanda-tanda yang jarang diketahui dan bisa Anda perhatikan. Namun, tanda-tanda ini tidak selalu menjadi indikator yang menentukan bahwa pelecehan sedang terjadi. Hanya saja, Anda dapat waspada dengan adanya 6 tanda-tanda berikut ini.

1. Gejala Somatik Kronis

(BACA JUGA:Insomnia Menganggu Aktivitasmu? Lakukan Cara ini Dijamin Tidur Lebih Pulas!)


Ilustrasi Chronic [email protected]

Gejala somatik atau nyeri pada tubuh yang tidak dapat dijelaskan oleh kondisi medis yang diketahui. Biasanya gejala ini dapat dialalmi oleh semua orang, jadi sulit untuk membedakannya. Seperti sakit kepala, sakit perut, dan nyeri tungkai yang bisa disebut sebagai gejala somatik.

Gejala ini sangat umum terjadi pada anak-anak yang mengalami pelecehan. Itu dapat terjadi karena trauma yang memengaruhi sistem saraf. Ketika anak-anak berada di bawah tekanan, mereka akan mengalami kecemasan, lalu menjadi gejala somatik. Segala jenis pelecehan dapat memicu masalah somatik.

2. Parentification


Ilustrasi [email protected]

Parentification adalah ketika seorang anak mengambil peran sebagai orang tua. Dengan kata lain, daripada orang dewasa mengasuh anak, anak itu yang mengasuh orang dewasa. Misal, orang tua yang harus sering pergi sedangkan anak harus berperan sebagai pengasuh anak untuk adik-adiknya, dengan membuat makanan, menandatangani surat izin sekolah dan lainnya.

Banyak tekanan yang menimpa, jika seorang anak  harus mengambil peran sebagai orang dewasa. Hal ini, sering dikaitkan dengan masalah pengabaian karena orang tua tidak dapat merawat anak-anak mereka sendiri.

(BACA JUGA:Jangan Malas! Coba Lakukan 3 Peregangan Ini di Pagi Hari agar Tubuh Terasa Lebih Segar)

3. Pengetahuan Seksual yang Tidak Sesuai dengan Usia

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : insider