Insomnia Menganggu Aktivitasmu? Lakukan Cara ini Dijamin Tidur Lebih Pulas!


atasi masalah tidur dengan berolahraga-KatarznaBialasiewicz-pixaby

SEPUTAR SURABAYA - Salah satu permasalahan yang kerap menjadi keluhan setiap orang adalah Susah Tidur atau Insomnia di malam hari. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang Susah Tidur, baik karena tuntutan pekerjaan ataupun kecanduan media soasial yang tidak mengenal waktu.

Banyak faktor buruk yang terjadi  akibat kurangnya  tidur di malam hari, seperti kurang fokus, pekerjaan kurang maksimal dan cepat menua. Kesulitan tidur dimalam hari ini  serigkali di alamai oleh orang-orang yang memiliki pekerjaan yang padat dan pelajar, khususnya mahasiswa.

Selain itu, masalah tidur serigkali terjadi akibat kebiasaan overthiking atau khawatir yang berlebihan terhadap suatu hal.

Tidak sedikit orang mengeluh kesulitan dalam mengatasi masalah sulit tidur dimalam hari, namun ada beberapa yang memilih untuk mengkonsumsi obat tidur seperti CTM atau mematikan hp.

(BACA JUGA:Jangan Diabaikan! Kurang Tidur Bisa Pengaruhi Kesehatan Jantung, Cek Ini Durasi Idealnya)

Di lansir dari Youtube SB30 Health, dalam sehari manusia membutuhkan waktu 5-8 jam untuk tidur. Jika anda memilliki kebiasaan tidur hanya 4 jam dan merasa itu cukup,maka sebaiknya diubah karena tidak baik untuk kesehatan. Kekurangan tidur akan berdampak pada penuaan yang cepat.

Lebih lanjut Dr. Sung menjelaskan,bahwa di dalam tubuh manusia terdapat Ritme yang disebut ritme sirkadian. Ritme ini mengatur tubuh selama 24 jam. 

Ritme sirkadian akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Disarankan agar anak muda tidak menerapkan pola tidur yang salah agar tidak mengalami penuaan dini.

(BACA JUGA:Coba Praktikkan! 5 Tips Mengatasi Insomnia dan Bisa Tidur Nyenyak)

Olahraga

Cara yang disarankan untuk mengatasi masalah tidur ini adalah dengan berolahraga. Jika anda berolahraga di sore hari maka tubuh anda akan mengalami temperatur yang lebih tinggi. Tidak hanya itu,  berolahraga di sore hari dapat meningkatkan produksi hormon Adenosin yang menyebabkan tubuh akan terasa lelah dan mudah mengantuk.

Pastikan olahraga yang anda lakukan benar dan tepat, cara ini juga dapat diterapkan oleh orang tua yang mengalami masalah tidur di malam hari. Anda bisa mengunakan jasa coach untuk memandu anda dalam berolahraga yang baik dan benar, agar tidak terjadi masalah pada persendian atau organ tubuh lainya.

(SS)

`
Kategori : Gaya Hidup