Jago Manipulasi! Inilah 7 Tanda Seseorang Mengidap Gangguan Narsistik


Ilustrasi [email protected]

SEPUTAR SURABAYA - Sebelum mengenal tentang narsistik, umumnya yang sering kita dengar adalah istilah narsis di mana julukan ini ditujukan kepada orang yang suka berselfie, suka memuji diri sendiri atau senang mendapatkan pujian dari orang lain. 

Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata narsistik itu merupakan salah satu jenis dari gangguan Kepribadian?

Dilansir dari kanal YouTube Ruang Moral, Npd (Narcissistic Personality Disorder) atau penderita gangguan narsis, merupakan gangguan yang dialami oleh seseorang di mana ia merasa atau menganggap dirinya sangat penting dan harus dikagumi.

Gangguan Narsistik tidak selalu suka berselfie, dan tindakan tersebut juga tidak selalu disebut dengan masalah kepribadian.

(BACA JUGA:Tingkatkan Kebugaran Tubuh dan Atasi Gangguan Pencernaan Lewat Yoga Mudra, Simak Ini Tekniknya)

Tetapi pada kondisi tertentu, orang yang memiliki kepribadian ini dapat membuat lingkungan di sekitarnya menjadi toxic jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat.

Untuk mengetahui apakah Anda atau orang terdekat sedang mengalami gangguan kepribadian narsistik, Anda dapat memastikannya dengan tanda-tanda berikut.

1. Selalu Merasa Istimewa

Merasa selalu hebat dari orang lain, penderita NPD akan merasa dirinya lebih hebat dari orang lain. Sehingga mereka tidak merasa bahwa pada kenyataannya tidak begitu.

(BACA JUGA:Jangan Sepelekan, Kenali 5 Gejala Gangguan Kecemasan )

Seperti penderita Skizoferenia, NPD juga memiliki dunianya sendiri, dimana ia menganggap bahwa sudah seharusnya dirinya dianggap spesial. 

Dia menganggap bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar di mata orang lain.  

2. Tidak Menerima Kritikan

Tidak sedikit orang yang menerima jika dikritik, termasuk penderita NPD. Tetapi bagi penderita NPD, mereka akan sangat sensitif dengan sebuah kritikan, terutama yang menjurus tentang hal negatif mengenai dirinya.

Sehingga mereka akan mudah tersinggung apabila Anda menjelaskan hal buruk tentang diri mereka.

`
Kategori : Kesehatan