Ternyata Ini Alasan Kucing Tak Boleh Diberi Minum Susu Sembarangan


Ilustrasi Kucing Minum [email protected]

SEPUTAR SURABAYA - Jika Anda pernah beri Susu untuk Kucing kesayangan Anda, sebaiknya segera hentikan hal itu mulai sekarang. Pasalnya kebanyakan Kucing memiliki sistem pencernaan yang tidak toleran pada Laktosa.

Lalu, apakah susu tidak baik untuk kucing? Melansir dari laman Reader's Digest, sama seperti manusia, beberapa kucing tidak dapat mencerna laktosa atau gula susu yang ditemukan dalam produk susu. Berikut alasan tidak boleh memberikan susu sembarangan pada kucing.

1. Tidak Bisa Mencerna

Meskipun beberapa kucing dapat mentolerir susu dan tampak sangat menikmatinya, nyatanya susu sapi tidak baik untuk kucing.

Lalu apa yang terjadi ketika kucing minum susu? Ketika kucing minum susu laktosa yang tidak tercerna, maka susu akan tertinggal di Usus mereka daripada masuk ke aliran darah, dan akhirnya berfermentasi.

(BACA JUGA:Jangan Keliru! Ternyata Ini Alasan Kucing Tidur Terus dalam Waktu Lama, Nomor 4 Bikin Sedih)

2. Sakit

Kucing tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk mencerna laktosa, minum susu dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, muntah, kehilangan nafsu makan dan berat badan, sakit perut dan ketidaknyamanan yang menyebabkan perubahan perilaku seperti menggaruk berlebihan

3. Susu dari Induk

Umumnya, kucing meminum susu dari induknya setelah mereka lahir. Satu-satunya waktu dalam kehidupan kucing ketika tubuh mereka memiliki cukup enzim laktase untuk mencerna laktosa dengan baik adalah saat lahir dan selama 12 minggu pertama kehidupan mereka.

Satu hal penting yang perlu dicatat, kucing lebih membutuhkan banyak Air sebab Air sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi organ pada kucing.

(BACA JUGA:Tak Disangka, Ternyata Ini 4 Alasan Kucing Suka Menjilati Satu Sama Lain!)

Cara terbaik untuk memastikan kucing Anda mendapatkan cukup air adalah dengan memberinya makanan kaleng basah.

Kucing umumnya kurang suka minum air, jadi makanan basah sangat bagus untuk menjaga kucing tetap terhidrasi.

(SS)

`
Kategori : Hiburan
Sumber : reader's digest