Ketahui Cara yang Baik dan Benar Membersihkan Kotoran Telinga, Jangan Mengunakan Cotton Bud!


jangan membersihkan telinga dengan cara yang salah-Fizkes-pixaby

SEPUTAR SURABAYA - Telinga adalah salah satu organ tubuh yang tingkat kebersihannya perlu dijaga. Ketahuilah cara membersihkan telinga dengan benar, salah satunya jangan gunakan cotton bud.

sebagian orang mengagap sepele dengan tingkat kebersihan telinga. Kotoran telinga yang tidak dibersihkan akan menumpuk sehingga mengangu sistem pendengaran. Namun perlu diperhatikan bahwa, membersihkan telinga tidak harus dilakukan setiap hari karena dapat menyebabka iritasi.

Kebiasaan mengorek telinga dengan cara atau menggunakan alat yang tajam dapat menyebabkan risiko pada telinga.

 

Dilansir dari Youtube VDVC Health, serumen atau kotoran merupakan kondisi yang dialami oleh setiap orang dan itu sesuatu yang normal. Penyebab kotoran adalah adanya campuran seperti sel kulit mati,kotoran dan lemak yang diproduksi oleh kelenjer serumen.

(BACA JUGA: Jangan Diremehkan! Pakai Headphone Terlalu Lama Bisa Picu Gangguan Telinga Ini )

Kotoran telinga merupakan bentuk perlindungan terhadap telinga dan secara fisiologis serumen ini memproduksi sepertiga luar dari lubang telinga sehingga tidak berbahaya pada gendang hanya telinga. 

Serumen memiliki bau yang tidak sedap dan hal ini dapat mencegah seranga masuk ke dalam telinga. Selain itu kotoran telinga mengandung beberapa zat, seperti anti bakteri dan anti zamur.

Kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya dari lubang telinga karena hanya ada di luar lubang telinga, baik saat Anda berbicara maupun saat mengunyak makanan.

Lebih lanjut dr. Hamida menjelaskan bahwa kotoran telinga memiliki 2 jenis yaitu kotoran yang kering dan basah. Faktor yang memicu produksi kotoran adalah makanan yang mengandung gluten, susu, kafein dan makanan manis. Penumpukan kotoran pada telinga ditandai dengan beberapa hal, salah satunya ketidakjelasan pada sistem pendengaran.

 

(BACA JUGA: Ternyata Gejala Virus Omicron Bisa Muncul di Mata dan Telinga, Simak Ini Penjelasan Para Pakar )

Jika selama ini anda membersihkan telinga dengan cara yang salah dan menyebabkan telinga anda iritasi maka berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan saat membersihkan kotoran pada telinga anda.

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : youtube