Jarang Diketahui! Inilah 3 Manfaat Konsumsi Cokelat, Salah Satunya Bagus untuk Kulit


Ilustrasi [email protected]

SEPUTAR SURABAYA - Apakah Anda tahu Cokelat dapat menyehatkan? Meskipun tampaknya terlalu aneh, namun nyatanya Cokelat hitam atau Dark Choco sebenarnya baik untuk Anda!

Jika dilihat, banyak yang berstigma bahwa mengonsumsi cokelat dapat menimbulkan beragam masalah. Cokelat sendiri, sebenarnya tidak terlalu memberikan dampak serius terhadap kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi, kandungan gula yang terdapat dalam suatu produk cokelat lah yang justru memunculkan beragam masalah kesehatan.

Melalui laman Reader's Digest, ketika cokelat dikonsumsi dalam jumlah sedang akan memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut adalah manfaat mengonsumsi cokelat yang jarang diketahui.

1. Dapat membantu mencegah penyakit jantung


Ilustrasi Serangan [email protected]

Seperti halnya teh, cokelat hitam mengandung Flavonoid, yaitu senyawa yang bertindak sebagai antioksidan. Flavonoid melindungi sel dari molekul berbahaya atau yang disebut dengan radikal bebas. Hal ini yang diproduksi saat tubuh memecah makanan atau terpapar sinar matahari atau asap.

(BACA JUGA:Hanya Menggunakan 3 Bahan, Resep Pancake Ini Layak Anda Coba di Rumah)

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang berujung pada penyakit jantung. Flavonoid juga dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) hingga 10 persen.

2. Mood


Ilustrasi [email protected]_studio-freepik

Cokelat hitam dapat merangsang produksi Endorfin, zat kimia di otak yang menimbulkan perasaan senang. Ini juga mengandung kimia serotonin, yang bertindak sebagai anti-depresan. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih senang dan bahagia.

3. Kulit

(BACA JUGA:Kupas Telur Rebus Jadi Lebih Mudah dan Cepat dengan 3 Cara Ini, Dijamin Gak Hancur!)


Ilustrasi [email protected]

Flavonoid dalam cokelat hitam dapat menyerap sinar UV, membantu melindungi dan meningkatkan aliran darah ke kulit. Selain itu juga dapat meningkatkan hidrasi dan warna kulit. Cokelat hitam memang mengandung banyak kalori. Jadi, tidak disarankan mengonsumsi lebih dari tiga ons makanan manis per hari.

(SS)

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : reader's digest