4 Pose Yoga Sederhana Ini Dapat Bantu Redakan Nyeri Punggung yang Mengganggu


Ilustrasi Back [email protected]

SEPUTAR SURABAYA - Nyeri Punggung merupakan rasa Sakit yang dapat terjadi di sepanjang Tulang Belakang.

Nyeri punggung juga dapat diartikan sebagai gejala awal dari suatu penyakit yang berkaitan dengan tulang belakang.

Hal ini umumnya disebabkan oleh gangguan pada ruas tulang belakang atau jaringan di sekitarnya, seperti otot, pembuluh darah, atau saraf. 

Beberapa studi menunjukkan bahwa Yoga dapat meredakan nyeri punggung. Melalui laman Insider, di bawah ini merupakan empat pose Yoga sederhana yang dapat membantu meredakan nyeri punggung.

(BACA JUGA:Mudah, 3 Latihan Ini Bantu Redakan Nyeri pada Lutut yang Tak Kunjung Membaik)

1. Downward Dog Pose


Downward Dog [email protected]

Pose ini dapat membantu meregangkan bagian belakang tubuh Anda, yang dapat meredakan ketegangan di bokong dan kaki Anda yang dapat menyebabkan nyeri punggung.

Untuk melakukannya, mulailah dengan tangan dan lutut Anda pada posisi berlutut lalu angkat pinggul ke atas dengan merentangkan lutut sambil menjaga lengan tetap lurus dengan tangan bertumpu di lantai. Jaga punggung tetap lurus dan kepala menunduk, menatap lantai.

2. Low Lunge Pose


Low Lunge [email protected]

Pose lunge dapat meregangkan otot belakang Anda terutama yang terletak jauh di dalam punggung bawah dan panggul Anda. Ini merupakan titik penyebab umum nyeri punggung bawah yang mengganggu.

(BACA JUGA:Sering Diremehkan, 3 Latihan Ini Bantu Wujudkan Abs alias Bentuk Otot Perut Sixpack)

Untuk memulai, pertama lakukan downward dog pose lalu angkat satu kaki untuk melangkah di antara kedua tangan Anda. Turunkan kaki Anda yang lain lalu lutut dan tulang kering menyentuh lantai, dan arahkan jari-jari kaki Anda ke lantai. Terakhir angkat tangan Anda ke atas, meraih langit-langit.

3. Sphinx Pose


Sphinx [email protected]

Pose ini melatih peregangan otot perut dengan lembut, ini bagus untuk Anda yang kurang bergerak atau karena terlalu banyak duduk.

Mulai dengan posisi berbaring tengkurap dengan lengan ditekuk hingga siku sejajar dengan tulang belikat. Tekan lutut dan kaki ke lantai, tarik napas, dan angkat tubuh bagian atas dengan menekan lengan bawah dan tangan ke lantai sambil menjaga dada ke depan.

Anda juga dapat menggunakan siku untuk membantu menekan lantai jika perlu. Berhentilah ketika Anda memiliki peregangan punggung yang tidak nyaman. Jauhkan mata Anda ke depan, tahan di sana dan bernapas hingga 10 napas.

(BACA JUGA:Kerap Dianggap Sulit, Inilah Cara Lakukan Gerakan Pull Up yang Baik dan Benar)

4. Janu Sirsasana (Head to Knee Pose)


Janu [email protected]

Janu Sirsasana dapat meregangkan hamstring dan quadratus lumborum, yang terletak jauh di punggung bawah Anda dan ke sisi pinggul Anda, ini juga membantu tulang rusuk.

Mulailah dari posisi duduk, dengan kaki lurus di depan Anda. Tekuk satu lutut dan letakkan kaki itu di paha bagian dalam yang berlawanan, membentuk bentuk segitiga dengan kaki tertekuk. Kemudian rilekskan lutut Anda.

Angkat lengan Anda di atas kepala dan turunkan tubuh Anda ke depan di atas kaki Anda yang memanjang. Letakkan tangan Anda di kaki Anda, atau ke depan kaki Anda jika Anda bisa melakukan peregangan sejauh itu.

(BACA JUGA:Anti Ribet, Ini 3 Latihan Sederhana untuk Mengencangkan Bokong ala Pelatih Jennifer Lopez)

Penting: Jika Anda ingin melakukan latihan ini, disarankan untuk tetap berkonsultasi kepada dokter Anda. Daripada hanya sekedar mengonsumsi obat Anda bisa mulai dengan peregangan-peregangan sederhana ini.

(SS)

`
Kategori : Olahraga
Sumber : insider