Sering Tidak Disadari, Inilah 4 Manfaat Konsumsi Pisang Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh


[email protected]

SEPUTAR SURABAYA - Pisang merupakan salah satu buah yang lezat dan sangat mudah dibawa saat bepergian.

Pisang termasuk buah terbaik! Bagaimana tidak? Pisang memberikan sejumlah manfaat nutrisi yang luar biasa untuk tubuh Anda.

Sepotong buah pisang sendiri mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Pisang juga memiliki serat yang memperlambat pencernaan untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan manfaat lain untuk Kesehatan dari buah pisang. Melansir dari lama the Healthy, berikut ini manfaat buah pisang bagi Kesehatan yang sering tidak disadari.

(BACA JUGA:Resep Minuman Viral Kopi Dalgona Versi Sehat)

1. Baik Untuk Kesehatan Usus

Tanpa bakteri sehat di usus, integritas sel di sepanjang saluran pencernaan akan terganggu. Dan ketika struktur sel-sel ini melemah, hal itu dapat memicu reaksi sistem kekebalan yang tidak perlu. Ini dapat menyebabkan peradangan kronis.

Pisang sangat tinggi dalam jenis serat yang disebut serat larut, yang merupakan jenis prebiotik. Prebiotik adalah makanan yang digunakan bakteri usus baik untuk melakukan berbagai aktivitas sehat untuk memainkan peran penting dalam fungsi seperti pencernaan dan pengaturan sistem kekebalan tubuh.

Sebagai serat prebiotik, pisang memberi makan bakteri baik usus Anda dan meningkatkan pencernaan yang sehat untuk membantu Anda terlihat baik.

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 3 Manfaat Konsumsi Cokelat, Salah Satunya Bagus untuk Kulit)

2. Pisang sebagai Makanan Otak

Memberi makan mikrobioma usus Anda juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Mempertahankan mikrobioma yang seimbang di usus dapat meningkatkan kesehatan mental dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Dengan kata lain, mengonsumsi pisang juga dapat mengurangi beban dari beberapa stres atau mental.

3. Mengatasi Kembung

Selain meredakan peradangan, serat prebiotik yang larut dalam buah dapat membantu meringankan sembelit atau penyebab umum kembung yang tidak nyaman.

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 3 Manfaat Konsumsi Cokelat, Salah Satunya Bagus untuk Kulit)

Tingkat potasium pisang yang tinggi juga membantu ginjal Anda mengeluarkan kelebihan air dan garam dari tubuh Anda, mendorong efek diuretik yang mengurangi retensi air dan kembung.

4. Kesehatan Jantung

Kalium pada buah pisang memiliki manfaat kesehatan untuk jantung. Sebuah penelitian menunjukkan makanan yang kaya kalium, seperti pisang ini harus menjadi bagian dari diet Anda.

Anda harus mendapatkan cukup kalium membantu menjaga detak jantung yang sehat. Ketika kekurangan kalium, kadarnya yang rendah dapat menyebabkan aritmia jantung dan berpotensi mengganggu aliran darah ke otak, otot, dan organ.

(BACA JUGA:Cara Mudah Turunkan Risiko Kematian! Lakukan Aktivitas Ini Secara Rutin)

Kalium juga membantu Anda mencerna karbohidrat dan membangun otot. Hal ini dapat mencegah penyakit jantung dan stroke di kemudian hari. 

Itulah 4 manfaat mengonsumsi pisang setiap hari untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda buktikan sendiri.

(SS)

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : the healthy