Cara Melakukan Latihan Plank yang Benar Beserta Manfaatnya


Plank [email protected]

SEPUTAR SURABAYA - Plank merupakan Latihan sederhana dan sangat banyak memiliki manfaat Kesehatan yang tidak memerlukan alat dan mudah untuk dilakukan.

Anda hanya membutuhkan lantai, diri Anda sendiri, dan waktu hanya beberapa menit sehari. Efektivitas latihan ini bisa dibilang sangat luar biasa. Plank dapat memperkuat Otot Anda terutama bagian inti.

Jika seseorang telah mengembangkan otot inti, maka kemungkinan mengalami hernia sangat kecil. Selain itu, jika melakukan plank secara teratur, itu akan membantu Anda memperkuat tidak hanya bagian inti tetapi juga otot punggung dan juga otot atas. 

Jadi, Anda perlu melatih perut tidak hanya agar terlihat bagus, tetapi juga untuk kesehatan organ dalam juga.

(BACA JUGA:Simak! Berikut Latihan Pemanasan ala Pemanjat Profesional Tingkat Dunia Adam Ondra)

Plank juga dapat membantu memperbaiki postur dan akan meningkatkan metabolisme Anda. Lalu bagaimana dengan teknik plank yang benar? Melansir dari kanal Youtube WaysAndHow, berikut ini cara melakukan plank yang benar.

1. Berbaring dengan posisi perut menghadap ke bawah di atas matras, tekuk kaki Anda sehingga jari-jari kaki berada di atas matras. Pastikan jarak kaki Anda kurang dari selebar pinggul.

2. Kemudian letakkan telapak tangan Anda di atas matras tepat di samping bahu Anda.

3. Ambil napas dalam-dalam sebelum mendorong tubuh Anda ke atas. Dalam meluruskan lengan Anda menjaga siku terkunci untuk membantu stabilitas Anda.

4. Pada posisi tertinggi Anda, seluruh tubuh Anda harus lurus jadi jangan biarkan pantat Anda turun dan pastikan perut Anda menekan tulang belakang Anda. Juga, jaga agar kepala Anda tetap netral, pastikan dagu Anda tidak mengarah ke luar atau ke arah dada Anda.

(BACA JUGA:4 Pose Yoga Sederhana Ini Dapat Bantu Redakan Nyeri Punggung yang Mengganggu)

5. Jika Anda melakukan plank dengan benar, Anda akan merasakan semua otot Anda bergerak secara bersamaan. Anda mungkin perlu menyesuaikan posisi jika mulai merasakan sakit di punggung atau bahu.

Itulah cara melakukan plank dengan benar.

(SS)

`
Kategori : Olahraga
Sumber : youtube