7 Manfaat Konsumsi Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh


[email protected]

SEPUTAR SURABAYA - Apel merupakan salah satu Buah yang populer serta banyak memiliki peminat dan manfaat berlimpah.

Buah apel mengandung berbagai Vitamin  dan mineral, seperti Vitamin A, C, K, B6, E, dan B1 serta kaya akan potassium, antioksidan, dan pektin yang baik bagi Kesehatan tubuh.

Buah ini sering dikaitkan dengan sebuah dongeng berjudul snow white, namun bukan karena beracun, apel justru memiliki banyak nutrisi yang sering tidak disadari. Melansir dari laman Reader's Digest, berikut ini manfaat dari buah apel yang sering tidak disadari.

1. Mencegah Kanker

(BACA JUGA:5 Kebiasaan Sehat Ini Bantu Atasi Perut Buncit, Salah Satunya Tidur)

Apel mencegah beberapa jenis kanker. Mereka yang makan lebih banyak apel lebih kecil kemungkinannya terkena kanker paru-paru, tetapi sifat pelindung itu hanya berlaku untuk orang yang merokok atau mantan perokok.

Ada juga yang menunjukkan bahwa makan apel juga menurunkan risiko terkena kanker usus besar, payudara, dan saluran pencernaan seperti kanker perut.

2. Apel Menstabilkan Gula Darah

Serat pada apel dapat dapat memperlambat pencernaan makanan dan masuknya glukosa ke dalam aliran darah. Memakan apel dan pir mengurangi kemungkinan seseorang terkena diabetes sebesar 18 persen dan menambahkan satu porsi ekstra seminggu menurunkan risiko tambahan 3 persen.

(BACA JUGA:Sering Tidak Disadari, Inilah 4 Manfaat Konsumsi Pisang Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh)

3. Apel Meningkatkan Kesehatan Gusi

Apel telah lama disebut sebagai sikat gigi alami. Meskipun makan apel tidak benar-benar membersihkan gigi Anda, menggigit dan mengunyah apel merangsang aliran air liur, yang mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan tingkat bakteri di mulut.

4. Apel dapat Mencegah Stroke

Setiap 200 gram buah terutama apel yang kaya serat yang dimakan per hari, mereka menurunkan risiko stroke sebesar 32 persen. Makan apel bersama dengan buah-buahan lain, seperti anggur dan blueberry dapat menurunkan Kolesterol dan membantu mengatur tekanan darah.

(BACA JUGA:Cara Mudah Turunkan Risiko Kematian! Lakukan Aktivitas Ini Secara Rutin)

5. Apel Bantu Turunkan Berat Badan

Apel banyak mengandung serat dan air serta karbohidrat kompleks, sehingga akan dicerna lebih lambat dan Anda akan merasa lebih kenyang setelah memakannya.

6. Apel Mencegah Penyakit Jantung

Apel kaya akan berbagai bahan kimia nabati, terutama jika Anda memakan kulitnya. Apel tinggi serat sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan berpotensi menurunkan kadar kolesterol.

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 3 Manfaat Konsumsi Cokelat, Salah Satunya Bagus untuk Kulit)

7. Apel melawan kolesterol tinggi

Apel merupakan buah rendah kalori dan tinggi serat larut pektin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah LDL yang merusak arteri. 

Penting: Pastikan Anda selalu mencuci buah yang baru dibeli dengan hati-hati sebelum dimakan.

(SS)

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : reader's digest