Ampuh Redakan Rasa Marah dan Stres, Lakukan 3 Pose Yoga Ini agar Hidup Lebih Tenang


Ilustrasi [email protected] cookie_studio-freepik

SEPUTAR SURABAYA - Yoga merupakan sebuah praktik kuno yang menggabungkan antara gerakan, meditasi, dan kontrol napas di dalamnya serta memiliki banyak manfaat yang berpotensial untuk Kesehatan Mental.

Yoga banyak melibatkan pernapasan dalam, yang dapat mengaktifkan respons relaksasi pada tubuh dan dapat mengurangi Stres. Pose tertentu dapat membantu Anda melepaskan Stres atau kemarahan yang mungkin tertahan pada diri Anda.

Melansir dari laman Insider, berlatih yoga dapat mengurangi stres. Khususnya dengan meningkatkan emosi positif, kesadaran diri, kasih sayang diri, dan kendali perasaan. Berikut merupakan tiga pose yoga yang mampu meredakan perasaan Marah dan stres.

1. Standing Forward Fold (Uttanasana)

(BACA JUGA:Cara Melakukan Latihan Plank yang Benar Beserta Manfaatnya)


[email protected]

Pose yoga ini dapat membantu meredakan ketegangan pada bahu, leher, dan punggung bagian bawah. Pose ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak untuk membantu Anda berpikir dengan pikiran yang lebih tenang dan jernih.

Cara Melakukan:

- Mulailah dengan berdiri dengan kaki selebar pinggul di bagian atas matras Anda.

- Lalu, satukan kedua telapak tangan dan angkat tangan di atas kepala.

(BACA JUGA:4 Pose Yoga Sederhana Ini Dapat Bantu Redakan Nyeri Punggung yang Mengganggu)

- Perlahan lipat tubuh Anda ke depan dan biarkan kepala Anda menggantung dan lutut sedikit ditekuk. Lalu, bawa ujung jari atau telapak tangan ke lantai.

- Tahan pose setidaknya selama tiga tarikan napas dan embusan napas dalam sebelum membawa tangan Anda ke tulang kering dan menggulung satu tulang belakang pada satu waktu, dengan kepala terangkat terakhir.

Jika Anda merasa sulit untuk menyeimbangkan dalam gerakan berdiri ke depan, coba pose tersebut sambil duduk di matras Anda. Dengan kaki terentang di depan Anda dan terbentang lebar, tekuk kaki Anda dan condongkan tubuh ke depan dari pinggul tanpa membulatkan punggung. Kemudian gerakkan tangan Anda hingga Anda merasakan regangan ringan di paha bagian dalam.

2. Child's Pose (Balasana)

(BACA JUGA:Mudah, 3 Latihan Ini Bantu Redakan Nyeri pada Lutut yang Tak Kunjung Membaik)


Ilusttrasi Child [email protected]

Pose ini dapat menciptakan kesempatan yang sangat baik bagi tubuh untuk beristirahat. Ini fokus pada pernapasan dalam dan menyesuaikan area tubuh Anda yang menahan ketegangan selama ini. Pose anak adalah posisi yang bagus pada pernapasan dan dapat membantu Anda rileks.

Cara Melakukan:

- Mulailah berlutut dengan kedua tangan rata di atas matras.

- Rentangkan lutut sambil menyatukan jempol kaki untuk bersentuhan.

(BACA JUGA:Sering Diremehkan, 3 Latihan Ini Bantu Wujudkan Abs alias Bentuk Otot Perut Sixpack)

- Perlahan turunkan pinggul ke tumit dan bawa dahi ke matras.

- Regangkan tangan ke depan dengan telapak tangan menghadap ke bawah.

- Rilekskan kepala, leher, rahang, dan bahu Anda. Tarik napas dan hembuskan perlahan selama 4-12 napas.

Jika Anda merasakan ketidaknyamanan pada pinggul, Anda dapat meletakkan selimut, bantal, atau guling di bawah dada atau perut Anda untuk membantu menopang Anda saat Anda melakukan peregangan.

(BACA JUGA:Kerap Dianggap Sulit, Inilah Cara Lakukan Gerakan Pull Up yang Baik dan Benar)

3. Legs Up a Wall Pose (Viparita Karani)


Legs up a wall pose (Viparita karani)[email protected]

Pose ini dapat mengurangi ketegangan pada jantung Anda dan berpotensi membantu meningkatkan variabilitas detak jantung Anda. Hal ini dapat menimbulkan mengurangi stres dan menambah ketahanan tubuh. Pose kaki di dinding dapat dilakukan di mana saja, di rumah, kantor, atau di depan bangunan acak jika Anda ingin.

Cara melakukan:

- Mulailah duduk di matras Anda, dengan sisi kanan atau kiri menghadap dinding, dan kaki terentang di depan Anda.

- Tarik napas, buang napas, lalu gunakan inti Anda untuk mengayunkan kaki lurus ke atas atau ke dinding sehingga kaki mengarah ke langit-langit. Pertahankan sedikit tekukan di lutut Anda. Semakin dekat ke dinding Anda menempatkan pinggul Anda, semakin dalam dan menantang peregangannya.

(BACA JUGA:Anti Ribet, Ini 3 Latihan Sederhana untuk Mengencangkan Bokong ala Pelatih Jennifer Lopez)

- Rentangkan lengan Anda lebar-lebar pada sudut 45 atau 90 derajat, dengan telapak tangan menghadap ke bawah.

- Bersantai dan bernapas dalam-dalam hingga tiga menit. Anda harus merasakan regangan ringan di bagian belakang kaki, yang mungkin terasa tidak nyaman.

- Untuk melepaskan pose ini, peluk lutut Anda ke dada dan kembali ke posisi duduk atau berguling ke samping.

Itulah tiga pose yang dapat meredakan perasaan marah dan frustasi yang melanda Anda.

(SS)

`
Kategori : Olahraga
Sumber : insider