Baik untuk Kesehatan Mata, Berikut 8 Manfaat Bayam yang Jarang Diketahui


[email protected]

SEPUTAR SURABAYA - Bayam merupakan salah satu sayuran yang bergizi dan sehat. Sayuran ini semakin terkenal melalui serial kartun berjudul Popeye.

Kartun ini menceritakan tentang Popeye yang tambah kuat setelah makan bayam lalu mengalahkan semua musuh-musuhnya. Lantas, apakah memang seperti itu kenyataannya?

Bayam memang dapat membantu orang menjadi lebih kuat, baik dalam hal sistem tulang dan otot maupun dalam hal imunitas. Selain itu, bayam juga memiliki Manfaat yang baik untuk Kesehatan tubuh. Melansir dari The Healthy, berikut ini 8 Manfaat bayam yang jarang diketahui.

1. Kurangi Risiko Kanker

(BACA JUGA:7 Manfaat Konsumsi Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh)

Menambahkan lebih banyak bayam ke dalam makanan Anda merupakan salah satu dari banyak cara sederhana untuk mencegah kanker.

Bayam mengandung karotenoid, pigmen yang ditemukan pada tanaman yang bertindak sebagai antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas yang berpotensi berbahaya. Makanan dengan karotenoid dapat mengurangi risiko kanker payudara tertentu. 

2. Turunkan Tekanan Darah

Anda dapat menjaga tekanan darah tinggi tetap terkendali dengan menggunakan pengobatan alami. Misalnya, dengan menambahkan bayam ke dalam menu makan Anda. Jumlah potasium, folat, dan magnesium yang signifikan terdapat pada bayam dapat membantu turunkan tekanan darah pada tubuh.

(BACA JUGA:5 Kebiasaan Sehat Ini Bantu Atasi Perut Buncit, Salah Satunya Tidur)

3. Tingkatkan Kesehatan Tulang

Bayam sedikit rumit dalam hal kesehatan tulang. Namun, National Osteoporosis Foundation mengatakan salah satu manfaat bayam adalah sebagai sumber vitamin K yang berharga. Hal ini terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang dan bahkan dapat mencegah patah tulang.

4. Lancarkan Sembelit

Sulit buang air besar atau sembelit kadang sering terjadi. Karena itu, untuk mengurangi kesulitan seperti itu maka dianjurkan untuk lebih banyak konsumsi buah dan sayur. Bayam memiliki serat larut dan tidak larut yang dapat membantu meringankan sulit buang air besar.

(BACA JUGA:Sering Tidak Disadari, Inilah 4 Manfaat Konsumsi Pisang Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh)

5. Jaga Kuku dan Rambut tetap Sehat

Bayam memiliki vitamin A dan C dalam jumlah tinggi, yang keduanya berfungsi sebagai produk kecantikan alami. Vitamin A membantu menghasilkan zat yang disebut sebum yang melumasi kulit dan rambut kita. Vitamin C membuat rambut tumbuh kuat dan panjang, dengan bantuan protein kolagen. Vitamin C dan kolagen juga merupakan tim yang hebat untuk memperkuat kuku Anda.

6. Bantu Kesehatan Mata

Manfaat lain dari bayam adalah memiliki salah satu vitamin terpenting untuk mata Anda, lutein. Antioksidan ini dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia. Selain wortel, Anda bisa mulai tambahkan bayam sebagai menu yang baik untuk kesehatan mata.

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 3 Manfaat Konsumsi Cokelat, Salah Satunya Bagus untuk Kulit)

7. Bantu Penurunan Berat Badan

Ekstrak bayam dapat membuat Anda kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan menjadi lebih lama. Hal ini kemungkinan berkat kompartemen kecil dalam daun bayam yang disebut tilakoid. .

Tambahkan segenggam bayam ke telur Anda di pagi hari untuk mengalahkan rasa lapar saat makan siang dan seterusnya. Anda juga dapat menggunakan sayuran bayam untuk salad yang membantu Anda menurunkan berat badan.

8. Bantu Pulih dari Cedera

(BACA JUGA:7 Manfaat Konsumsi Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh)

Bayam merupakan sumber vitamin K, dimana vitamin ini dapat membantu pembekuan darah Anda saat Anda terluka. Vitamin K juga dapat membantu Jantung Anda secara keseluruhan. Memakan bayam sesuai dengan dosis kebutuhan itu sangat penting untuk pemulihan luka atau cedera.

Itulah delapan manfaat konsumsi bayam untuk kesehatan yang jarang diketahui.

(SS)

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : the healthy