20 Soal UHB Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Bab 4-5 Model Pilihan Ganda dan Essay Beserta Kunci Jawaban
Soal sejarah kelas 11 SMA/MA beserta kunci jawaban-Mainur Risyada-flickr
SEPUTAR SURABAYA - Inilah contoh Soal ulangan harian bersama (Uhb) mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Sma Kurikulum 2013.
Latihan soal UHB mapel Sejarah Indonesia ini terdiri atas 20 butir soal, yang terbagi atas 15 butir soal model Pilihan Ganda dan butir soal Essay.
Adapun materi yang diujikan pada UHB Sejarah Indonesia ini sesuai dengan Kurikulum 2013, bab 4 tentang Sumpah Pemuda dan bab 5 tentang Penjajahan Jepang.
Selain itu untuk membantu evaluasi pembelajaran, terdapat kunci jawaban pada akhir artikel ini. Agar siswa dapat mengukur tingkat pemahamannya tentang materi kali ini.
(BACA JUGA:10 Contoh Soal Essay HOTS Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Materi Sumpah Pemuda, Dilengkapi Kunci Jawaban)
1. Upaya mempersatukan mempersatukan bangsa Indonesia dimulai dari mempersatukan organisasi pemuda melalui. Kongres Pemuda yang I pada tahun....
A. 1925
B. 1926
C. 1927
D. 1928
E. 1929
2. Berdasarkan hasil Kongres Pemuda I semua organisasi kepemudaan dilebur dalam satu wadah organisasi dengan nama....
A. PI
B. PIM
C. PIR
D. PPPI
E. PPMI
(BACA JUGA:20 Soal Sejarah Pilihan Ganda Kelas 10 SMA/MA Beserta Jawaban, Semester Ganjil Kurikulum Merdeka)
3. Pada rapat kedua, Kongres Pemuda II membahas masalah....
A. Pelatihan kemandirian bangsa
B. Pendidikan kebangsaan dan demokrasi
C. Pembentukan Ikrar Sumpah Pemuda
D. Mempersiapkan konggres-konggres pemuda berikutnya
E. Semua perkumpulan pemuda harus bersatu dalam organisasi
4. Tujuan Sumpah Pemuda tahun 1928 adalah.....
A. Menambah kegiatan gerakan pemuda Indonesia
B. Mempercepat proses pencapaian kemerdekaan
C. Mempersatukan seluruh bangsa Indonesia
D. Mempersatukan seluruh kekuatan gerakan pemuda Indonesia
E. Mengkoordinasi gerakan-gerakan politik Indonesia
(BACA JUGA:10 Soal Latihan Kelas 10 SMA Sejarah Pilihan Ganda Kurikulum Merdeka Ulangan Harian 1 Dilengkapi Jawaban)
5. Peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928 menunjukkan bahwa....
A. Perjuangan mencapai Indonesia Merdeka dirintis oleh kaum terpelajar
B. Bangsa Indonesia biasa terjajah sehingga untuk merdeka harus dibicarakan terlebih dahulu
C. Persatuan dan kesatuan para pemuda bangsa merupakan kekuatan utama untuk merdeka
D. Bangsa Indonesia berasal dari keturunan bangsa yang setia sehingga Sumpah Pemuda menjadi sumpah setia mereka atas perjuangan organisasinya
E. Titik awal perjuangan bangsa Indonesia
6. Pengaruh Sumpah Pemuda bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah....
A. Mempercepat proses kemerdekaan
B. Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia
C. Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu
D. Bahasa Indonesia sebagai bahasa bangsa
E. Meningkatkan kesadaran nasional
(BACA JUGA:10 Soal Pilihan Ganda Sejarah Kelas 10 SMA Semester 1 Kurikulum Merdeka Beserta Kunci Jawaban)
7. Sebagai seorang pelajar, pemuda yang akan menjadi penerus bangsa, sikap yang masih relevan dengan Kongres Pemuda II yang perlu dilakukan antara lain…
A. mematuhi dan melaksanakan “Janji Siswa”
B. mengikuti upacara bendera dengan khidmad
C. menghindari perbedaan pendapat dengan guru
D. tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesama siswa
E. mengikuti seluruh kegiatan ekskul yang ada di sekolah
8. Perhatikan data-data berikut !
1. Persatuan dan kesatuan
2. Semangat kebangsaan
3. Semangat berorganisasi
4. Kerjasama
5. Keikhlasan
Nilai-nilai karakter Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 yang masih sangat relevan sampai saat ini antara lain ditunjukkan oleh nomer ....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3, 4 dan 5
(BACA JUGA:10 Soal Latihan Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022 Beserta Kunci Jawaban)
9. Motif utama Jepang dalam menginvasi Indonesia adalah....
A. membuat persemakmuran Asia Timur raya yang dipimpin oleh Jepang
B. membebaskan bangsa-bangsa Asia dari imperialisme bangsa Barat
C. saudara tua dari seluruh bangsa-bangsa di Asia
D. memenuhi kebutuhan militer Jepang
E. menjadikan bangsa-bangsa Asia agar merdeka
10. Tujuan utama pemerintah Pendudukan Jepang membentuk PETA adalah ....
A. mempersiapkan bangsa Indonesia sebagai bangsa merdeka
B. mendapatkan bantuan dalam menghadapi perang pasifik
C. mempertahankan Indonesia dari ancaman bangsa barat
D. memberikan kesempatan rakyat Indonesia membela negara
E. memberikan pendidikan militer kepada rakyat Indonesia
(BACA JUGA:10 Soal Sejarah Pilihan Ganda Kelas 10 SMA Beserta Jawaban, Semester Ganjil Kurikulum Merdeka)
11. Seinendan dan Hizbullah adalah beberapa contoh organisasi semi militer yang dibentuk langsung oleh pemerintah militer Jepang. Tujuan tersembunyi dibalik pembentukan organisasi semi militer pada masa pendudukan Jepang adalah ... .
A. untuk mendapatkan tentara cadangan dalam mensukseskan peperangan Jepang
B. untuk mendapatkan tentara terdidik dalam mensukseskan peperangan di dalam negeri
C. untuk mendapatkan tentara profesional dalam mensukseskan peperangan di luar negeri
D. mendidik dan melatih pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah air
E. mengakomodasi gerakan kaum nasionalis agar tidak terjadi gerakan bawah tanah
12. Kondisi pendidikan masa pendudukan Jepang adalah ... .
A. pendidikan hanya dapat dinikmati kalangan tertentu saja
B. Jepang membangun sistem pendidikan untuk membangun Indonesia
C. Jepang membangun sekolah dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi
D. sistem pendidikan difokuskan untuk kebutuhan perang Jepang
E. pendidikan rakyat Indonesia mengalami kemajuan yang pesat
(BACA JUGA:Kumpulan Soal Latihan Sejarah Kelas 10 SMA Pilihan Ganda Kurikulum Merdeka Beserta Kunci Jawaban)
13. Pengertian romusha adalah ... .
A. upacara penghormatan kepada matahari
B. tradisi kerja bakti zaman Jepang
C. bentuk kebaktian rakyat terhadap Jepang
D. sistem kerja paksa zaman Jepang
E. salah satu seni masa Jepang
14. Perlawanan rakyat Singaparna selain karena penderitaan rakyat, perlawanan juga disebabkan penolakan rakyat untuk melakukan Seikerei, yakni ... .
A. penyerahan padi terhadap pemerintah Jepang
B. kewajiban untuk ikut romusha bagi rakyat Singaparna
C. penguburan massal tanpa dilakukan menurut cara-cara Islam
D. penindasan dan pemaksaan terhadap rakyat
E. kewajiban menundukkan kepala ke arah matahari terbit
(BACA JUGA:Latihan Soal Sejarah Kelas 12 SMA dan Kunci Jawaban Lengkap, Materi Masa Orde Baru hingga Reformasi)
15. Latar belakang perlawanan PETA di Blitar terhadap Jepang adalah ... .
A. adanya penindasan Jepang dan penderitaan rakyat
B. menguji latihan militer yang dierima tentara PETA
C. sikap menolak terhadap upacara militer yang dipaksakan Jepang
D. menolak latihan militer dari para pelatih Jepang
E. rasa solidaritas terhadap teman-teman mereka yang ditangkap Jepang
Essay
16. Sumpah Pemuda terlahir dari Kongres Pemuda II pada tahun 1928. Tuliskan isi Sumpah Pemuda!
17. Setelah mengetahui isi Sumpah Pemuda, Sebutkan 3 nilai-nilai dan makna dari Sumpah Pemuda bagi kehidupan bangsa Indonesia!
18. Usaha Jepang menguasai dan menarik simpati rakyat Indonesia terhitung cukup lancar dilakukan, salah satunya dengan propaganda Gerakan 3A. Jelaskan apa yang dimaksud Gerakan 3A!
19. Pada masa pendudukan Jepang selama 3,5 tahun di Indonesia dibentuk beragam jenis organisasi, salah satunya pada sektor pergerakan. Sebutkan macam-macam organisasi pergerakan masa pendudukan Jepang!
20. Tujuan pendudukan Jepang di Indonesia, hanyalah untuk mengekspoitasi sumber daya alam dan manusianya sebagai bentuk dukungan dalam perang pasifik. Jelaskan dampak positif pendudukan Jepang pada bidang militer!
(BACA JUGA:10 Contoh Soal UTS Sejarah Kelas 10 SMA Semester Ganjil Kurikulum Merdeka Beserta Kunci Jawaban)
Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
1. B
2. D
3. B
4. D
5. C
6. E
7. A
8. A
(BACA JUGA:20 Contoh Soal Sejarah Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Materi Kehidupan Manusia Purba Beserta Kunci Jawaban)
9. D
10. B
11. A
12. D
13. D
14. E
15. A
Essay
16. Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia.
Kedua: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.
17. Nilai-nilai Sumpah Pemuda: Cinta bangsa dan tanah air, Persatuan, Menerima dan menghargai perbedaan, Sikap rela berkorban, Mengutamakan kepentingan bangsa, Semangat persaudaraan, Semangat gotong royong.
18. Gerakan 3A adalah gerakan yang dipropagandakan oleh tentara Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia. Gerakan 3A berisi Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia dan Nippon Pemimpin Asia.
19. Organisasi pergerakan masa pendudukan Jepang:
- Gerakan 3A
- Putera (Pusat Tenaga Rakyat)
- Fujinkai
- MIAI (Majelis Islam A’la Indonesia)
- Jawa Hokokai
(BACA JUGA:Terbaru! Kisi-kisi PTS Sejarah Kelas 11 SMA/MA Semester Ganjil 2022, Kunci Jawaban dan Pembahasan Lengkap)
20. Mendapatkan manfaat pengalaman dan pelatihan militer mencakup dalam bidang ketentaraan, bidang pertahanan, dan bidang keamanan.
Pelatihan militer yang diperoleh rakyat Indonesia dalam hal dasar-dasar militer, baris berbaris dan latihan menggunakan senjata. Serta pembentukan organisasi militer dan semi militer.
Seperti Keibodan (pembantu polisi), Fujinkai, Hizbullah dan Barisan Pelopor serta Heiho (sebagai pembantu prajurit) dan PETA (Pembela Tanah Air).
Bekas pasukan PETA akan menjadi kekuatan inti Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), merupakan cikal bakal Tentara Nasional Indonesia (TNI).
Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini
(SS)