4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Secara Alami, Salah Satunya Menyembuhkan Luka Bakar


Ilustrasi Lemon dan Madu-ExplorerBob-Pixabay

SEPUTAR SURABAYA - 4 Manfaat Madu bagi Kesehatan yang jarang di ketahui, salah satunya menyembuhkan Luka Bakar.

Bukan rahasia baru lagi jika madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya sebagai pengobatan tradisional, madu juga dapat mengatasi berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga penyakit yang serius.

Madu banyak di sukai karena rasanya yang manis dan beberapa resep masakan mengunakan madu sebagai salah satu bahan utama.

Disarankan agar anda mengkonsumsi madu atau membeli dalam jumlah banyak agar bisa dikonsumsi secara rutin, apalagi dimusim hujan yang rentan terhadap beberapa penyakit seperti flu,batuk dan demam.

(BACA JUGA:Madu Beku Jadi Tren Tiktok , Amankah Bagi Kesehatan?)

Melansir dari the healty, berikut 4 manfaat madu secara alami bagi kesehatan tubuh:

1. Mengatasi jerawat

Madu memiliki sifat antimikroba yang dapat mengurangi radang akibat jerawat. Cara mengunakannya cukup mudah, campurkan madu dengan pala bubuk, lalu diaplikasikan ke bagian jerawat dan diamkan selama 20 menit lalu bersihka.

2. Meredakan sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan mungkin sering dialami oleh sebagian orang entah karena alwergi terhadap makanan atau mungkin perubahan cuaca.

(BACA JUGA:Waspada! Kemenkes Umumkan Omicron Varian Baru, Gejalanya Sakit Tenggorokan dan Badan Pegal)

Selain mengkonsumsi obat resep dokter, anda juga dapat mengkonsumsi madu sebagai pereda sakit tenggorokan. Caranya yaitu tuang 1 sendok teh jahe parut, 1/2 jus lemon, dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air.

3. Mengatasi luka bakar

Salah satu cara untuk mengobati luka bakar adalah mengunakan madu selain mengikuti anjuran dokter. Mengunakan madu untuk mengatasi luka bakar akan memberikan efek penyembuhan lebih cepat dan dapat mengurangi peradangan.

4. Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang sering dialami. Banyak rekomendasi perawatan yang dapat dicoba,salah satunya mengunakan madu. 

(BACA JUGA:Wajib Tahu Sederet Manfaat Ajaib Pelukan Ini, Mampu Meredakan Stres Salah Satunya)

Madu memberikan efek menenangkan bagi kulit kepala dan membantu melawan ketombe. Caranya cukup mudah yaitu encerkan madu mengunakan air hangat lalu pijat ke kulit kepala selama 2- 3 menit.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Kesehatan