Pemain Bola di Piala Dunia Melakukan Sujud Syukur, Bagaimana Pandangan Islam? Cek di Sini Informasinya!


Ilustrasi Sujud Sykur-Alena Darmel-pexels.com

SEPUTAR SURABAYA - Artikel ini mengulas tentang aksi Sujud Syukur pemain Piala Dunia dan pandangan Islam terhadap Sujud Syukur.

Piala Dunia 2022 baru saja dimulai akhir tahun ini dan masih berjalan sebagai ajang bergengsi untuk olahraga Sepak Bola.

Tidak semua tim sepak bola dapat lolos untuk bermain di Piala Dunia dan jika tim bola tersebut meraih kemenangan, maka akan sangat menggembirakan.

(BACA JUGA:Berkata 'Amin' saat Khatib Berkhutbah, Bolehkah? Simak Penjelasannya di Sini!)

Beberaa pemain Muslim juga sempat terlihat bersujud syukur di lapangan karena mensyukuri kemenangan mereka.

Dikutip dari laman NU, para ulama memiliki pandangan berbeda dalam hal ini.

Abu Hanifah ra dan Imam Malik ra berpendapat bahwa sujud syukur makruh dilakukan dan cukup mengekspresikan bentuk syukur secara lisan atau melaksanakan sholat 2 rakaat.

(BACA JUGA:Dana Zakat Dialihkan untuk Korban Bencana, Bolehkah? Simak Penjelasannya di Sini!)

Sedangkan Imam As-Syafi‘i dan Imam Ahmad menganjurkan sujud syukur di luar sholat bagi orang yang sedang mendapatkan nikmat atau terhindar dari musibah.

Anjuran sujud syukur menurut Imam As-Syafi‘i dan Imam Ahmad didasarkan pada Hadits riwayat sahabat Abu Bakrah ra yang menyaksikan sujud syukur Rasulullah saw.

عَنْ أَبِى بَكْرَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم إِذَا أَتَاهُ أَمْرٌ يَسُرُّهُ أَوْ بُشِّرَ بِهِ خَرَّ سَاجِدًا شُكْرًا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ رَوَاهُ الخمسة إلا النسائي

(BACA JUGA:14 Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur, Salah Satunya Mencerahkan Kulit Wajah)

Artinya: “Dari sahabat Abu Bakrah ra, Rasulullah saw bila mendapat sebuah kenikmatan yang menyenangkannya atau menggembirakannya, maka ia turun bersujud sebagai bentuk syukur kepada Allah swt,” (HR lima imam hadits selain An-Nasa’i).

(SS)

`
Kategori : Oase
Sumber : islam.nu.or.id