Inilah Tips Sederhana Agar Pengisian Daya Ponsel Lebih Cepat!


Ilustrasi [email protected]

SEPUTAR SURABAYA - Banyak orang terpaksa kehilangan daya ponsel karena lupa untuk memulai mengisi daya ponsel atau charge.

Hal tersebut sungguh sangat menjengkelkan, terutama saat Anda sudah siap untuk memulai hari namun lupa untuk melakukan pengisian daya ponsel. Alhasil ponsel akan lebih cepat untuk mati atau tidak dapat digunakan lagi.

Namun, terdapat beberapa trik agar pengisian daya ponsel bisa lebih cepat yang akan membuat Anda tidak perlu khawatir di pagi hari. Melansir dari laman Reader's Digest, berikut cara agar pengisian daya baterai ponsel bisa lebih cepat.

1. Beralih ke Mode Pesawat

(BACA JUGA:Mudah dan Sedarhana! Berikut Cara Melakukan Screen Record atau Perekaman Layar pada Perangkat iPhone!)

Cara cepat agar baterai tidak cepat habis adalah dengan mengalihkannya ke mode pesawat. Anda tidak akan bisa mendapatkan teks atau mencari secara online, tetapi Anda akan menghemat daya karena ponsel Anda tidak akan terus-menerus mencari koneksi seluler atau WiFi.

2. Turn it Off/Matikan

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memastikan semua daya mengalir langsung ke baterai selain dengan mematikan ponsel tersebut. Cara itu terbilang cukup efektif dan bisa dikatakan sebagai penghemat daya.

3. Stopkontak Dinding

(BACA JUGA:Pentingkah Matikan Mode Pesawat Saat di Pesawat? Berikut Penjelasannya!)

Port USB komputer Anda mungkin nyaman saat Anda bekerja dari jarak jauh, tetapi stopkontak langsung yang berada di di dinding akan mengisi daya ponsel Anda lebih cepat. Ini karena port USB biasanya hanya mengisi daya pada 0,5 amp, jadi akan memakan waktu dua kali lipat untuk mengisi daya ponsel Anda daripada adaptor daya 1 amp yang disertakan.

4. Jauhkan Ponsel dari Sinar Matahari

Hindari memaparkan ponsel Anda ke suhu 95 derajat dan lebih tinggi. Panas dapat merusak kapasitas baterai Anda. Faktanya, perangkat lunak ponsel Anda mungkin membatasi pengisian daya hingga sekitar 80 persen saat ponsel menjadi lebih panas dari suhu yang disarankan.

5. Keluarkan Ponsel dari Casing

(BACA JUGA:Wajib Tahu Nih! Cara Mudah Cek Daya Baterai Airpods yang Jarang Diketahui Banyak Orang!)

Jika Anda melihat ponsel Anda menjadi panas saat Anda mengisi dayanya, Apple menyarankan untuk mengeluarkannya dari casingnya sebelum Anda mengisi dayanya.

Mengisi daya perangkat Anda saat berada di dalam jenis casing tertentu dapat menghasilkan panas berlebih, yang dapat memengaruhi kapasitas baterai.

6. Gunakan Adaptor Daya atau Pengisi Daya Bawaan Ponsel

Jika Anda memiliki iPhone, Anda dapat mencolokkannya langsung ke adaptor daya USB Apple 12W dan 10W, menurut Apple. Sambungkan perangkat Anda ke adaptor daya dengan kabel USB bawaan ponsel yang pasti akan lebih cepat karena setiap perangkat telah terhubung dengan setelan pabrik masing-masing.

(BACA JUGA:6 Alasan Performa Ponsel Melambat atau Lemot Saat Digunakan!)

Penting: Sebelum menggunakan colokan umum, pastikan untuk memperhatikan keamanan dari colokan tersebut. Beberapa tempat seperti didalam mobil, motor bukanlah pilihan tepat untuk mengisi daya ponsel. Warung internet juga harus dipertimbangkan lagi, pasalnya agar tidak timbul kebocoran data atau serang virus mematikan.

(SS)

`
Kategori : Techno
Sumber : reader's digest