Senin 20-09-2021,08:11 WIB

Kenali Sebab-sebab Turunnya Iman 'Futur' Sebelum Terlambat


Reporter : Vivi Elsiyana Putri
Editor : Avilia





Ustad Khalid Basalamah-tangkapan layar Khalid Basalamah Official-Youtube Khalid Basalamah Official

SEPUTAR SURABAYA – Futur atau kondisi turunnya iman dalam hati manusia dapat menimpa siapa saja tanpa terkecuali. Bahkan ulama sekali pun.

Dilansir dari video ceramah Ustad Khalid Basalamah yang diunggah 25 Juni 2020, dalam kitab ’31 Sebab Lemahnya Iman’, futur memiliki dua arti yakni kondisi terhentinya seseorang setelah mengamalkan terus-menerus dan kondisi lambannya seseorang setelah bersemangat dalam mengerjakan amalan.

Kemudian Beliau menyatakan bahwa futur adalah kondisi yang wajar. Namun menjadi berbahaya ketika dibiarkan terus-menerus.

Futurnya seorang muslim disebabkan oleh perkara-perkara tertentu. Untuk mengatasi kefuturan tentu saja perlu diketahui sebab-sebab futur.

1. Sedang dalam kondisi jenuh

Ibadah adalah rutinitas yang harus dikerjakan setiap umat beragama. Rutinitas yang terus berulang tidak dapat dipungkiri menjadi sebab kejenuhan. 

Contoh, dalam solat wajib selalu membaca do’a iftitah yang itu-itu saja. Tidak disadari hal tersebut menjadikan sebagian muslim merasa bosan bahkan menyepelekan bacaan solat.

Hal demikian dapat dihindari dengan jalan memvariasikan ibadah. Semisal orang tersebut biasa membaca “Allahu akbar kabira…” bisa diganti dengan “Allahumma baid baini…

(BACA JUGA:Wow! Tips Ini Bikin Terlihat Keren saat Meeting Online, Salah Satunya Bisa Bantu Kamu Awet Muda)

2. Hati yang masih bercabang

Seorang mu’min yang hatinya masih kalang kabut memikirkan dunia dan akhirat menjadi tidak tenang.

Ketidaktenangan itu menjadi sebab Ia futur. Suatu rahasia umum jika seseorang cenderung mengejar dunia maka akhiratnya akan tertinggal. 

Namun, apabila seseorang mengutamakan akhiratnya, insyaallah dunianya akan mengikuti. Oleh karenanya penting bagi seorang muslim menyeimbangkan dunia dan akhiratnya.

Cara termudah untuk menyeimbangkan keduanya yaitu segala pekerjaan di dunia, Ia niati sebagai ibadah.


Tags : #sifat alami hati #sebab lunturnya iman #salah pergaulan #menyepelekan amal #malas belajar ilmu agama #khalid basalamah #keseimbangan dunia dan akhirat #jenuh beribadah #ceramah khalid basalamah #bahaya futur
Kategori : Oase