Senin 20-09-2021,08:24 WIB

Mendagri Sebut 3 Syarat untuk Jadi Kepala Daerah, Salah Satunya Bisa Membuat Roadmap


Reporter : Deno Wasti Revi Andhani
Editor : Avilia





Menteri Dalam Negeri Indonesia Tito Karnavian--Instagram/Tito Karnavian (@titokarnavian)

SEPUTAR SURABAYA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan tiga kriteria untuk dapat menjadi seorang pemimpin, hal ini mengenai Kepala Daerah.

Tito menyampaikan hal itu dalam pembukaan Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2021 Gelombang III dan IV secara virtual. 

Acara tersebut diikuti oleh 183 Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dari hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, yang terdiri dari 70 Bupati, 8 Walikota, 91 Wakil Bupati, dan 14 Wakil Walikota.

Mendagri mengatakan, bahwa syarat pertama adalah kepala daerah dan wakil kepala daerah memiliki kekuasaan (power). 

Terkait syarat pertama ini, tentu sudah dimiliki oleh para peserta  pembekalan kepemimpinan tersebut. Itu karena kepemimpinan mereka dipilih langsung oleh rakyat, dan tentunya memiliki legitimasi.

(BACA JUGA:Lirik Lagu 'Pesan Terakhir' Milik Lyodra)

Kedua, tambah Mendagri, seorang pemimpin di daerah selalu mempunyai pengikut (follower), baik staf maupun masyarakat. 

Dan yang terakhir, kepala daerah harus memiliki konsep, dibawa ke mana daerah yang akan ia pimpin.

“Tanpa konsep maka akan serabutan, kemudian tidak sistematis apa yang dikerjakan. Sampai akhir tugas tidak mengerti apa yang ingin dicapai. (Untuk itu, kepala daerah) harus memiliki konsep, bagaimana untuk membuat roadmap,” ujar Mendagri dalam acara yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BSPDM) Kemendagri tersebut pada Senin (13/9).

Terkait konsep tersebut, Mendagri menuturkan hasil kunjungannya ke beberapa daerah setelah pelantikan Bupati/Walikota hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 beberapa waktu lalu. 


Tags : #walikota #wakil walikota #wakil bupati #tito karnavian #syarat untuk menjadi kepala daerah yang berkonsep ke depan #muhammad tito karnavian #muhammad tito karnavian #Mendagri Tito Karnavian #mendagri beri tiga syarat pada calon kepala daerah #mendagri #kemendagri #bupati
Kategori : Nasional