Senin 20-09-2021,08:18 WIB

Korea Utara Lakukan Uji Coba Rudal Jelajah, Begini Reaksi Amerika Serikat


Reporter : Naafilia Dwinda Diniari
Editor : Jazila





Ilustrasi uji coba rudal-Maciej Ruminkiewicz-Unsplash

SEPUTAR SURABAYA - Korea Utara berhasil melakukan uji coba peluncuran 'rudal jelajah jarak jauh' akhir pekan lalu.

Aktivitas tersebut dilaksanakan ketika pembahasan denuklirisasi dengan Amerika Serikat (AS) masih berada pada jalan buntu.

Laporan ini dikutip dari KCNA, Kantor Pusat Berita Korea Utara, yang menginformasikan bahwa uji coba tersebut diamati oleh para pejabat tingkat tinggi Korut pada Sabtu (11/9/2021) dan Minggu (12/9/2021). 

Keberhasilan diraih ketika rudal berhasil menempuh perjalanan selama 7.580 detik dan terbang sejauh 1,5 ribu kilometer di sepanjang 'orbit penerbangan oval dan pola-8' di atas wilayah Korea Utara dan perairan teritorialnya.

KCNA menilai bahwa rudal yang diujicobakan sebagai 'senjata strategis', sebab baik dari efisiensi maupun kepraktisan operasi mendapat skor apik.

Alasan Korea Utara melanjutkan pengembangan sistem rudal ini dikarenakan sebagai 'upaya pencegahan yang efektif' dalam menghadapi 'pasukan musuh'.

(BACA JUGA:Musim Hujan Telah Tiba, Hangatkan Tubuh dengan Wedang Jahe, Begini Cara Membuatnya)

Menanggapi hal ini, Komando Indo-Pasifik AS mengungkapkan bahwa Amerika Serikat akan melanjutkan pemantauan terhadap situasi. 

Sekaligus berkonsultasi dengan sekutu dan mitra AS untuk menegaskan komitmen AS dalam membantu penguatan pertahanan negara tetangga Korut, seperti Korea Selatan dan Jepang.

(SS)


Tags : #uji coba rudal korea utara #uji coba rudal jelajah #uji coba rudal #rudal korea utara #rudal jelajah korea utara #rudal jelajah jarak jauh #rudal #korea utara #bom korea utara #berita korea utara #amerika serikat
Kategori : Internasional
Sumber : kcna