Senin 20-09-2021,09:24 WIB

Jokowi Imbau Perguruan Tinggi untuk Melahirkan Mahasiswa Unggul dan Utuh


Reporter : Aisyah Amira Wakang
Editor : Jazila





Presiden Jokowi dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguran Tinggi Negeri Indonesia-tangkapan layar-presidenri.go.id

SEPUTAR SURABAYA - Presiden Joko Widodo himbau perguruan tinggi untuk melahirkan mahasiswa yang unggul dan utuh. Hal ini disampaikan Jokowi dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguran Tinggi Negeri Indonesia di Surakarta, Senin (13/9/2021).

Tugas tersebut memang bukan hal yang mudah, tetapi Jokowi berharap perguruan tinggi dapat mewujudkannya sehingga mahasiswa memiliki jasmani dan rohani yang sehat, serta budi pekerti dan visi kebangsaan yang baik.

“Karena kalau enggak (tercapai), kebawa ke mana-mana anak-anak kita nantinya. Sekali lagi, sehat jasmani, sehat rohani, budi pekertinya baik, kebangsaannya baik,” ujar Presiden di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, pada Senin (13/9/2021), melansir dalam press release Presiden Republik Indonesia.

Oleh karena itu, Jokowi menegaskan bahwa tugas rektor beserta jajarannya tidak hanya mendidik mahasiswa di dalam kampus atau ruang kelas saja.

Jokowi juga menghimbau juga perlu mewaspadai para mahasiswanya agar tidak menjadi ekstremis garis keras. 

“Dalam kampus dididik mengenai budi pekerti, di luar kampus enggak ada yang mendidik, jadi pecandu narkoba. Nah, untuk apa kita kalau enggak bisa menjangkau ke sana? Di dalam kampus dididik mengenai Pancasila, kebangsaan, tapi di luar kampus ada yang mendidik mahasiswa kita jadi ekstremis garis keras, jadi radikalis garis keras, lha untuk apa?,” jelas Jokowi.

(BACA JUGA: KPK Tegaskan Indikasi Korupsi Tidak Diukur dari Besaran Harta Kekayaan yang Mencapai Triliunan Rupiah)

Selain itu, hal-hal kecil seperti makanan pun juga harus diperhartikan. Berdasarkan pengalamannya sebagai mahasiswa, Jokowi menganggap sering kali mahasiswa terserang penyakit bersamaan karena tempat makan yang kurang bersih. 


Tags : #unggul dan utuh #rohani #radikalisme #presiden joko widodo #perguruan tinggi #mahasiswa #kesehatan #jasmani #garis keras #ekstrimis
Kategori : Nasional