Minggu 17-10-2021,14:13 WIB

Efek Samping Pemberian Vaksin Covid-19 Pada Perempuan Bisa Pengaruhi Siklus Menstruasi? Ini Penjelasannya


Reporter : Deno Wasti Revi Andhani
Editor : Avilia





Ilustrasi perempuan sedang menstruasi-Andrea Piacquadio-www.pexels.com

SEPUTAR SURABAYA - Vaksinasi Covid-19 saat ini terus digencarkan untuk menekan penyebaran Covid-19 dan menciptakan herd immunity. Banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui efek samping dari pemberian vaksin Covid-19. 

Dilansir dari Medical News Today, spesialis reproduksi Imperial College London, Dr. Victoria Male mengatakan bahwa Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris telah menerima laporan dari lebih 30 ribu orang yang mengeluhkan perubahan siklus menstruasi usai menerima vaksin. 

Menstruasi pada dasarnya adalah keadaan normal bagi wanita yang telah mengalami pubertas. Namun, apakah ada kaitan antara menstruasi dan vaksin Covid-19?

"Yang penting, tidak ada bukti bahwa vaksinasi Covid-19 berdampak buruk pada kesuburan," ujar Dr. Male.

Dr. Male mendorong peneliti lain terkait hubungan antara menstruasi dengan vaksinasi Covid-19 terhadap para wanita.

(BACA JUGA:Jaringan Internet Indihome dan Telkomsel Lemot, Ternyata Ini Penyebabnya)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi banyak orang. Serta korelasi antar keduanya yaitu vaksin Covid-19 dan menstruasi.

"Jika ada hubungan, kemungkinan itu merupakan hasil dari respon imun terhadap vaksinasi, dibanding karena bahan vaksin tertentu," sambungnya.

Namun, perlu diperhatikan pula bahwa stres juga dapat membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. 

Saat ini penelitian terkait efek samping vaksin terhadap siklus menstruasi masih sangat minim. Ini karena sedikitnya laporan tentang efek vaksin terhadap perubahan siklus menstruasi.

(SS)


Tags : #wanita menstruasi #vaksinasi covid-19 dapat pengaruhi siklus menstruasi #vaksinasi covid-19 #vaksinasi #siklus menstruasi tidak teratur setelah vaksin covid-19 #siklus menstruasi tidak teratur #siklus menstruasi berubah #menstruasi bulanan #menstruasi #kesehatan menstruasi #haid #covid-19
Kategori : Kesehatan