Minggu 17-10-2021,13:06 WIB

Beberapa Wilayah di Indonesia Akan Mengalami Hari Tanpa Bayangan, Cek Daftar Tempat dan Jadwalnya di Sini


Reporter : Naafilia Dwinda Diniari
Editor : Avilia





Ilustrasi bayangan-Martino Pietropoli-Unsplash

SEPUTAR SURABAYA - Banyak wilayah Indonesia pada bulan Oktober 2021 ini akan merasakan fenomena kulminasi atau yang biasa dikenal sebagai Hari Tanpa Bayangan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa fenomena ini terjadi ketika matahari berada di posisi tertinggi, tepatnya berada pada sumbu tegak lurus 90 derajat dengan bumi.

Alhasil seperti namanya, tidak ada bayangan yang terbentuk pada benda tegak di lokasi yang mengalami kulminasi.

Fenomena Hari Tanpa Bayangan dapat dikatakan sebagai kejadian yang jarang terjadi sebab faktor rotasi Bumi mempersulit matahari untuk benar-benar berada secara tegak lurus dalam waktu lama.

Indonesia sendiri biasa mengalami fenomena ini sebanyak dua kali dalam setahun. Periode pertama terjadi pada akhir Februari hingga awal April 2021 lalu.

(BACA JUGA:UPDATE! Info Vaksinasi Sinovac D1 dan D2 pada 13 Oktober 2021 di The Central Mall Surabaya, Link Pendaftaran di Sini!)

Sedangkan periode kedua Hari Tanpa Bayangan telah dimulai sejak 6 September 2021 hingga 21 Oktober 2021 mendatang.

Berikut ini jadwal lengkap Hari Tanpa Bayangan mulai 12 Oktober 2021 sampai dengan 21 Oktober nanti!


Tags : #waktu hari tanpa bayangan matahari #lokasi hari tanpa bayangan matahari #kulminasi kedua 2021 #kulminasi #jadwal hari tanpa bayangan 2021 #hari tanpa bayangan #fenomena unik 2021 #fenomena oktober 2021 #fenomena matahari #fenomena hari tanpa bayangan matahari
Kategori : Nasional