Mandi Detoks dengan Ramuan Bahan-bahan Ini Dapat Menghilangkan Kandungan Vaksin Covid-19, Benarkah? Cek Faktanya di Sini


Hoaks resep detoks dapat hilangkan kandungan vaksin Covid-19-dok. Kominfo-

SEPUTAR SURABAYA - Beredar sebuah unggahan dalam media sosial Facebook yang memberikan informasi resep detoks mandi dengan bahan-bahan tertentu dapat menghilangkan vaksin Covid-19.

Bahan-bahan untuk detoks tersebut antara lain soda kue, garam epsom, boraks, dan tanah liat bentonit.

Dalam narasi Facebook itu mengklaim resep detoks dapat menghilangkan kandungan vaksin Covid-19 dalam tubuh.

Dalam unggahan tersebut juga mengatakan bahwa resep detoks penghilang vaksin Covid-19 ini didapatkan dari Dr. Carrie Madej.

Namun, setelah dilakukan penelusuran, klaim dalam narasi unggahan di Facebook tersebut merupakan informasi yang hoaks.

(BACA JUGA:Cek Fakta: Masyarakat yang Punya KTP/SIM Mendapat Bantuan Covid-19 Senilai Rp600 Ribu Selama Tiga Bulan, Benarkah? Ini Faktanya)

Melansir dari laman Kominfo, mandi dengan menggunakan ramuan soda kue, garam epsom, boraks, dan tanah liat bentonit dapat menghilangkan kandungan vaksin Covid-19 adalah tidak benar.

BPOM Amerika Serikat, FDA mengatakan bahwa vaksin Covid-19 mengandung bahan-bahan yang tidak berbahaya dan telah dilakukan uji klinis untuk menentukan keamanan dan efektivitasnya.

Selain itu, Ahli toksikologi molekuler dari Universitas Adelaide di Australia, Dr. Ian Musgrave juga menegaskan bahwa metode mandi yang digunakan tidak dapat menghilangkan efek vaksin dan justru dapat membahayakan.

`
Kategori : Cek Fakta
Sumber : kominfo