Minggu 01-08-2021,05:58 WIB

Tsunami Tercatat 2 Kali Terjadi Pada 2 Juni, BMKG: Bukan Menakut-Nakuti





Ilustrasi Tsunami-Pixabay-pixabay

SEPUTAR SURABAYA - Berdasarkan catatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Indonesia pernah dilanda tsunami sebanyak 2 kali pada 2 Juni. Tsunami tersebut terjadi di Sabang pada 2 Juni 1948 dan Jawa Timur pada 2 Juni 1994.

“Dalam catatan sejarah tsunami kita, tanggal 2 Juni tercatat 2 kali tsunami yaitu tsunami Sabang 1948 dan Tsunami Jawa Timur 1994 yang menelan korban jiwa sebanyak 223 orang meninggal dan 15 orang hilang,” ungkap Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui media sosial pribadinya, Rabu (02/06).

Daryono menjelaskan bahwa pada saat melakukan upaya mitigasi tsunami, harus memiliki skenario terburuk sebagai upaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari tsunami.

(BACA JUGA:Ramalan Zodiak Cinta Cancer, Leo, Virgo Kamis 3 Juni 2021: Anda Akan Menjalani Hari yang Indah Hanya Berdua)

“Dalam upaya mitigasi kita harus bicara skenario terburuk, ini untuk diacu, sehingga dapat disiapkan upaya pengurangan risiko secara konkret dan tepat, seperti tata ruang pantai aman berbasis risiko, rambu-rambu, jalur evakuasi, tempat evakuasi, karena memang wilayah kita rawan tsunami,ada catatan sejarah, bukan untuk nakut-nakuti,” lanjut Daryono.

Dalam hal ini Daryono meminta kepada masyarakat untuk memahami jika gempa bumi tak bisa diprediksikan kapan terjadi. Tak hanya itu, Daryono menegaskan bahwa BMKG tak pernah memprediksi gempa maupun tsunami.


Tags : #tsunami #bmkg #daryono #tsunami 2 juni #tsunami jawa timur #tsunami jatim
Kategori : Nasional
Reporter : Avilia
Editor : Avilia