Minggu 01-08-2021,05:06 WIB

Wajib Tahu! Ternyata Rasa Lapar yang Muncul Setelah Makan Disebabkan oleh Hal Ini Lho




SEPUTAR SURABAYA - Rasa lapar seringkali muncul ketika seseorang belum mengonsumsi makanan sebagai sumber energi tubuh.

Namun, dilain keadaan terkadang rasa lapar dapat timbul justru setelah menyelesaikan makan. Hal ini terjadi karena banyaknya faktor yang mempengaruhi, termasuk pola makan, gaya hidup, dan hormon. 

Terdapat beberapa penyebab mengapa seseorang mengalami rasa lapar setelah makan. Hal ini bisa saja terjadi karena komposisi nutrisi yang dikonsumsi oleh tubuh.

Dikutip dari Healthline, makanan yang mengandung lebih banyak protein cenderung menimbulkan perasaan kenyang yang lebih besar daripada makanan dengan proporsi karbohidrat atau lemak yang lebih besar, bahkan ketika jumlah kalorinya sama.

(BACA JUGA:Mengejutkan! Ternyata Permen Karet Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Lho, Simak Penjelasannya)

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa makanan berprotein tinggi lebih baik dalam merangsang pelepasan hormon kepenuhan, seperti glukagon peptide-1 (GLP-1), cholecystokinin (CCK), dan peptide YY (PYY).

Selain itu, jika makanan Anda kekurangan serat, Anda mungkin akan lebih sering merasa lapar.

Serat adalah jenis karbohidrat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat memperlambat laju pengosongan perut.

Ketika dicerna di saluran pencernaan bagian bawah, itu juga mendorong pelepasan hormon penekan nafsu makan seperti GLP-1 dan PYY.

Makanan yang tinggi protein antara lain daging, seperti dada ayam, daging sapi tanpa lemak, kalkun, dan udang.

Sedangkan makanan yang tinggi serat antara lain buah-buahan, sayur mayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian.

Jika Anda merasa lapar setelah makan dan menyadari bahwa makanan Anda cenderung kekurangan protein dan serat, cobalah memasukkan lebih banyak makanan kaya protein dan serat ke dalam makanan Anda.


Tags : #lapar #makan #kurang tidur #berolahraga #stres
Kategori : Gaya Hidup
Reporter : Avilia
Editor : Avilia