Minggu 01-08-2021,05:41 WIB

Isolasi Mandiri di Rumah? Perhatikan 3 Hal Penting yang Harus Dilakukan!





ilstrasi isolasi mandiri-Tumisu-pixabay

SEPUTAR SURABAYA - Melonjaknya kasus positif Covid-19  yang terjadi saat ini membuat banyak fasilitas kesehatan juga membludak. Sehingga, pakar kesehatan menghimbau bagi orang tanpa gejala dan bergejala ringan agar melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Prof Tjandra Yoga Aditama, seorang Pakar Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia, menyebutkan bahwa ada 3 hal praktis yang dilakukan untuk penyembuhan COVID-19 saat menjalani isolasi dirumah. 

"Sebenarnya ada cukup banyak yang harus disiapkan dalam menjalani isolasi mandiri, tetapi secara praktis ada 3 bagian utama," ujar Prof Tjandra

(BACA JUGA:Workshop Departemen Musik Dewan Kesenian Jawa Timur, KADIN Jatim Ajak Pekerja Seni Jajaki Pasar Internasional)

Pertama, yaitu menjaga kebutuhan sehari-hari harus tetap dalam keadaan baik. Seperti makan dan minum yang baik, istirahat dengan cukup, serta ruang isolas yang nyaman dan ada ventilasi. 

"Harus ada dukungan moral dan sikap positif dari anggota keluarga dan kerabat. Tentu RT/RW setempat harus diinformasikan mengenai proses isolasi dirumah," ujarnya. 

Kedua, yakni obat-obatan untuk terapi COVID-19 yang selalu rutin untuk dikonsumsi setiap harinya. 

"Monitor keadaan kesehatan seperti ada tidaknya keluhan demam, batuk, sesak nafas, sakit kepala, nyeri tubuh, diare, dan lainnya," ujar Prof Tjandra. 


Tags : #isolasi mandiri di rumah #covid-19 #universitas indonesia
Kategori : Gaya Hidup
Reporter : Cindy Valentia Pramana
Editor : Gus Zain

Sumber : pmjnews