Minggu 01-08-2021,05:28 WIB

Amankah Mencetak Sertifikat Vaksinasi ? Ini Peringatan dari Kominfo






Ilustrasi sertifikat vaksin yang di cetak-Dok Seputar Surabaya-

SEPUTAR SURABAYA – Akhir-akhir ini banyak ditemukan penerimaan jasa cetak sertifikat vaksinasi Covid-19 berupa kartu yang berukuran KTP, baik di media sosial ataupun marketplace. 

Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan jasa ini dapat menyebabkan kebocoran data pribadi seseorang.

Tak sedikit pula masyarakat yang sudah mendapatkan sertifikat vaksin berbondong-bondong mencetak sertifikat tersebut.

Lantaran kini pemerintah telah menjadikan sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu syarat bagi masyarakat melakukan perjalanan ataupun administrasi lainnya.

(BACA JUGA:Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin COVID-19 Lewat Aplikasi Peduli Lindungi)

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate pernah mengatakan bahwa masyarakat dilarang mengunggah sertifikat vaksin yang telah didapatkan ke media sosial ataupun disebarkan kepada orang lain.

“Ingin saya sampaikan agar sertifikat Vaksinasi ini jangan diupload atau diunggah di media sosial,” ujar Johnny, dikutip dari hasil siaran pers Kominfo, pada Kamis (15/7).

Johnny menegaskan sertifikat digital hanya digunakan secara pribadi dan hanya untuk keperluan khusus, karena dalam sertifikat tersebut terdapat QR Code yang wajib dilindungi.

(BACA JUGA:Polri Ajak Mahasiswa di Wilayah Jabodetabek Lakukan Vaksinasi Massal )

“Di dalam QR Code itu ada data pribadi, jadi sertifikat digital kita peroleh, tapi di saat bersamaan kita menjaga data pribadi kita, dengan cara tidak mengedarkannya untuk kepentingan yang tidak semestinya,” jelasnya.

Menurutnya QR Code yang tertera di sertifikat penting untuk dilindungi agar dapat menghindari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Sertifikat Vaksinasi yang ada data pribadinya hanya untuk kepentingan kita sendiri, dan kepentingan yang memang berurusan dengan sertifikat, misalnya untuk dokumen perjalanan dan sebagainya. Karena ini (awak) media, maka tentu saya harapkan informasi ini diteruskan juga kepada masyarakat,” tandasnya.

(SS)     


Tags : #sertifikat vaksinasi #cetak sertifikat vaksin #mencetak sertifikat vaksin #mencetak sertifikast vaksin menurut kominfo
Kategori : Nasional
Reporter : Intan Maulina Jasmin
Editor : Gus Zain