Minggu 01-08-2021,04:20 WIB

Ini Cara Atasi Anosmia Secara Alami yang Dapat Dilakukan di Rumah




SEPUTAR SURABAYA - Anosmia merupakan keadaan dimana hilangnya sebagian atau seluruh penciuman anda. 

Orang yang mengalami anosmia tidak dapat mencium aroma makanan, bunga, ataupun parfum. Selain dapat diobati secara medis, anosmia juga dapat diobati secara alami di rumah. 

Dilansir dari Healthline, berikut merupakan 4 cara alami yang dapat mengembalikan indera penciuman anda. 

(BACA JUGA:2.500 Pelajar Tingkat Aliyah Jalani Vaksinasi di Sidoarjo)

1. Latihan penciuman

Pelatihan penciuman dapat anda lakukan dengan mencium empat jenis bau setiap harinya. Anda dapat menghirup dengan perlahan selama 20 detik. Setiap aroma/bau dapat anda ulang sebanyak tiga kali sehari. Lakukan pelatihan ini rutin sampai 6 minggu. Anda dapat mencoba aroma seperti kopi giling, mawar, jeruk, kayu putih, vanila, cengkeh, dan daun mint. 

2. Minyak jarak

Secara alami, minyak jarak telah lama digunakan untuk mengembalikan penciuman yang hilang. Asam risinoleat yang terkandung dalam minyak jarak mampu membantu melawan infeksi. Selain itu, minyak jarak juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan saluran hidung yang disebabkan oleh pilek dan alergi. 

Anda dapat memanaskan minyak jarak di atas kompor atau microwave. Pastikan hingga minyak tersebut hangat dan tidak panas. Kemudian, anda dapat menempatkan dua tetes minyak di setiap lubang hidung anda. Lakukan sebanyak dua kali sehari yaitu sekali saat bangun tidur dan sebelum tidur. 


Tags : #anosmia #cara alami #indera penciuman
Kategori : Kesehatan
Reporter : Kurnia Nuraini Choiriyah
Editor : Gus Zain