Masalah Kadar Gula Tinggi Mengancam? Lakukan 5 Cara Mudah Ini untuk Mencegah Diabetes


Diabetes-tumisu-Pixabay

SEPUTAR SURABAYA - Kadar gula darah yang tinggi membuat semakin tingginya risiko terserang penyakit Diabetes.

Penyakit satu ini tidak bisa diremehkan lantaran membutuhkan perawatan seumur hidup untuk mengobatinya. Oleh karena itu, penting melakukan langkah pencegahan mulai dari sekarang.

Berikut ini akan diulas beberapa cara untuk mencegah risiko Penyakit Diabetes, cara ini relatif mudah dilakukan.

(BACA JUGA:Hati-hati! 8 Makanan Ini Jika Dikonsumsi Berlebihan Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata hingga Masalah Kebutaan)

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan guna menjaga tubuh dari risiko penyakit diabetes.

Melansir dari PMJ News, Badan amal Diabetes UK mengingatkan pentingnya kesadaran untuk mengatur gaya hidup, termasuk pola makan, demi mengurangi risiko penyakit yang juga dikenal sebagai kencing manis ini.

Berdasarkan hasil studi, perubahan gaya hidup yang dilakukan secara konsisten bisa mengurangi risiko gula darah tinggi sekitar 50 persen.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Kedondong, Salah Satunya Bisa Cegah Penuaan)

Selain itu, berikut lima faktor yang dipercaya bisa mencegah timbulnya penyakit diabetes, berikut ulasan selengkapnya:

1. Jaga Berat Badan

Lingkar pinggang yang lebih besar bisa menandakan pembentukan lemak di sekitar organ dalam yang akan menyebabkan resistensi insulin.

Resistensi insulin membuat insulin yang diproduksi tidak bekerja dengan baik dan meningkatkan kadar gula darah.

(BACA JUGA:Jangan Tergoda! 5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari, Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan)

2. Konsumsi Makanan Sehat

"Penelitian menunjukkan pola makan kita secara keseluruhan berpengaruh terhadap risiko terkena diabetes tipe 2," ujar Diabetes UK, dilansir Express, Rabu (25/5).

Ini bisa dicapai dengan melakukan diet, seperti diet Mediterania, diet pendekatan untuk menghentikan hipertensi (DASH), diet vegetarian, dan diet Nordik.

3. Rutin Berolahraga

Orang dewasa diharuskan melakukan aktivitas 150 menit setiap pekan. Ini dapat dipecah menjadi 30 menit selama lima hari dalam sepekan.

(BACA JUGA:Hati-hati! Hasil Studi Menguak, Ini 5 Dampak Serius Duduk Terlalu Lama Saat Bekerja)

"Menjadi lebih aktif dan lebih banyak bergerak adalah kunci untuk mencegah diabetes tipe 2," kata Diabetes UK.

Saat kebugaran dan kepercayaan diri Anda meningkat, Anda dapat mengintensifkan latihan Anda.

Coba lakukan 75 menit dengan intensitas yang lebih kuat sepanjang pekan dalam waktu yang lebih sedikit.

4. Berhenti Merokok

Perokok berisiko lebih besar tidak hanya terkena diabetes 2 tetapi risiko komplikasi Kesehatan lain. Berhenti merokok bisa menjadi keputusan terbaik demi Kesehatan.

(BACA JUGA:5 Kebiasaan Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental, Salah Satunya Mencari Dukungan )

5. Hindari Alkohol

Ini penting karena minum alkohol yang berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh. Kalori alkohol juga tinggi sehingga bisa menyulitkan penurunan berat badan, apalagi jika Anda meminumnya secara teratur.

"Alkohol bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2," ujar Diabetes UK.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Kesehatan