4 Manfaat Buah Markisa yang Baik untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya


Manfaat Buah Markisa-Pixabay/RitaE -

SEPUTAR SURABAYA - Rutin mengonsumsi buah-buahan salah satunya buah markisa merupakan bentuk upaya untuk menjaga pola makan sehat. Terdapat 4 Manfaat Buah Markisa yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, berikut ulasannya.

Buah markisa memiliki nama yang eksotis dan mampu mengundang rasa penasaran bagi orang yang belum pernah mencoba memakan buah ini. 

Buah berentuk bulat ini memiliki kulit luar yang tebal dan tampak keriput saat buahnya matang. Di dalamnya terdapat daging buah bertekstur juicy yang bercampur dengan biji kecil yang renyah.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Nangka Bagi Tubuh, Jaga Kesehatan Mata Salah Satunya)

Ada beberapa jenis variasi warna dan ukuran dalam buah markisa warna ungu dan kuning adalah jenis yang mudah ditemui dan sering dikonsumsi. Tanaman ini cukup banyak di daerah Australia,California, India, hingga Selandia Baru. 

Meskipun buah markisa tergolong tanaman tropis, beberapa jenis dapat bertahan di iklim sub-tropis, itu sebabnya tanaman ini bisa tersebar mulai dari belahan Asia, Eropa, bahkan Amerika Selatan dan Utara. 

Nutrisi yang terkandung dalam buah markisa sungguh kaya, satu buah markisa ungu bisa berisi 17 kalori, 2gram serat, 9 persen Vitamin C, 8 persen vitamin A, serta 2 persen zat besi.

(BACA JUGA:5 Tips Jitu Atasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menghadap Layar ala dr. Zaidul Akbar, Nomor 3 Paling Mudah)

Kandungan senyawa tersebut dapat memberikan manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh yang sangat baik. Berikut rangkuman 4 manfaat buah markisa dilansir dari Healthline yang perlu diketahui agar semakin rajin mengonsumsinya.

1. Kaya Antioksidan


ilustrasi jantung-pixabay/geralt-

Sumber nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh pada buah markisa adalah antioksidan yang kaya akan vitamin C, beta karoten, dan polifenol, di mana kandungan ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. 

Polifenol yang memiliki efek anti-inflamasi dapat mengurangi resiko peradangan kronis dan penyakit jantung. Selain itu vitamin C dan A yang terdapat pada buah ini sangat penting bagi tubuh Anda karena bisa mendukung sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan kualitas penglihatan mata.

Beta karoten yang kaya juga bisa membantu untuk menurunkan resiko kanker termasuk prostat, usus besar, perut, dan payudara.

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh)

2. Tinggi Serat


ilustrasi pencernaan-pixabay/julientromeur-

Salah satu manfaat buah markisa selanjutnya adalah mampu menyehatkan pencernaan karea terdapat kandungan yang tinggi serat. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan usus agar terhindar dari sembelit.

Selain itu serat mampu memperlambat jalannya pecernaan sehingga Anda akan mudah kenyang dan terhindar dari lonjakan gula darah. Dengan begitu, resiko penyakit seperti jantung, diabetes, dan obesitas akan sangat rendah menimpa Anda.

3. Baik untuk Penderita Asma 


ilustrasi pernafasan yang baik-Pixabay/alfcermed -

Kulit buah markisa bisa dijadikan sebagai suplemen yang tinggi antioksidan sehingga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Hal ini bisa bermanfaat bai penderita asma dan juga batuk. 

Sebuah studi menemukan bahwa kuit dari buah markisa ungu dapt menjadi obat alternatif bagi penderita asma atau sesak napas.

(BACA JUGA:Hukum Menjual Kulit Hewan Kurban, Bolehkah? Begini Penjelasannya)

4. Baik untuk Kulit


ilustrasi kulit sehat-pixabay/office469-

Buah markisa yang mengandung vitamin C serta antioksidan dapat merangsang pertumbuhan sel kulit wajah sehingga membantu kulit tampak lebih muda.

Cara Mengonsumsi Buah Markisa


Cara mengonsumsi buah markisa-Pixabay/RitaE-

Untuk bisa menikmati buah tropis yang satu ini dengan benar, Anda perlu memilih buah yang sudah matang dengan ciri-ciri kulitnya keriput. Markisa yang berwarna hijau adalah indikasi belum matang, pastikan untuk memilih buah yang tidak ada memar atau busuk.

Cuci buah markisa sampai bersih kemudian iris dan potong kulitnya hingga menunjukkan daging buah beserta biji-bijinya yang berwarna dan berair. 

(BACA JUGA:Daftar 5 HP Samsung Harga 3 Jutaan Terbaik 2022, Murah dengan Performa Maksimal)

Biji buah markisa dapat dimakan, lapisan putih yang memisahkan kulit dan daging buah juga bisa dimakan akan tetapi rasanya pahit. Sehingga kebanyakan orang tidak memakannya.

Berikut ada beberapa cara untuk menikmati buah markisa.

- Sendok dagng buah markisa beserta bijinya lalu masukkan ke dalam mangkuk, taburkan sedikit pemanis seperti madu atau krim untuk mengurangi rasa asam pada buah.

- Jika Anda tidak ingin memakan biji buah markisa, Anda bisa menyaring ampasnya dan jadilah jus buah markisa yang segar.

(BACA JUGA:4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Tetap Cantik dan Sehat, Ketahui Cara Pakainya di Sini)

- Mengonsumsi dengan cara merebus potongan markisa sampai buahnya lunak juga bisa menjadi referensi Anda. 

- Anda juga bisa mengonsumsi buah markisa menjadi Selai Markisa. Caranya dengan merebus daging buah markisa, tambahkan lemon dan gula. Anda bisa mengonsumsinya bersama roti tawar atau roti panggang.

Buah markisa sangat aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang, akan tetapi reaksi alergi jga bisa mncul pada minoritas orang. Hal ini disebabkan adanya protein nabati pada buah yang memiliki struktur seperti protein lateks yang dapat memicu alergi.

(BACA JUGA:Bisa Bikin Pencernaan Lebih Lancar, Ini 5 Minuman yang Bisa Anda Konsumsi)

Itulah ulasan megenai 4 manfaat buah markisa yang baik untuk kesehatan tubuh serta cara mengonsumsinya agar mendapat sensasi yang nikmat, sehat, dan menyegarkan.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Gaya Hidup