7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah dengan Aman Menggunakan Bahan Alami


Cara menghilangkan bekas jerawat merah-Pixabay/Kjerstin_Michaela-

SEPUTAR SURABAYA - Beberapa kaum hawa merasa terganggu saat menghadapi jerawat apalagi jika ada bekasnya. Berikut ini cara menghilangkan Bekas Jerawat Merah dengan aman.

Jerawat juga bisa muncul pada siapa saja, baik remaja maupun orang orang dewasa. Umumnya, jerawat muncul di wajah, dahi dan area lainnya.

Berdasarkan British Journal of Dermatology, sekitar 85 persen orang yang berusia antara 12 hingga 24 tahun rentan mengalami jerawat ringan.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Markisa yang Baik untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya)

Saat jerawat tumbuh, terkadang membuat tak nyaman jika tak sengaja tersentuh. Selain itu, jerawat juga bisa meninggalkan bekas.

Biasanya, warna bekas jerawat bisa berwarna merah atau coklat. Bekas tersebut bisa hilang dengan sendirinya. Namun, ada pula beberapa bekas jerawat yang bertahan lama hingga berbulan-bulan.

Untuk menangani hal tersebut, tentu membutuhkan kesabaran dan penanganan yang tepat. Sebab, jika penanganan kurang tepat justru bisa memperburuk kulit. 

(BACA JUGA:Hati-hati! Konsumsi Karbohidrat Berlebih Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara, Begini Penjelasan Pakar)

Oleh karena itu, menggunakan Bahan Alami dan natural bisa menjadi alternatif pilihan. Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat merah dengan aman. 

1. Madu


ilustrasi madu-pixabay/fancycrave1-

Selain rasanya yang manis dan biasa dikonsumsi, madu memiliki manfaat yang baik bagi kulit. Pasalnya, madu memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

Bahkan, madu juga memiliki kandungan yang bisa membantu regenerasi kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati pada bekas jerawat sehingga kulit tampak lebih cerah.

Cara pemakaiannya pun cukup mudah. Cukup oleskan satu atau dua tetes setiap hari pada bekas jerawat dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

(BACA JUGA:Atasi Nyeri Sendi dan Maag dalam Seminggu ala dr. Zaidul Akbar! Pantang Konsumsi 4 Makanan Ini)

2. Lidah Buaya


ilustrasi gel lidah buaya-pixabay/Rosina-Sch-

Berdasarkan studi pada 2018 dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, senyawa dalam lidah buaya yang disebut aloesin dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi pada bekas jerawat.

Adapun fungsi Aloesin adalah membantu mengurangi kelebihan produksi melanin, yaitu pigmen gelap yang dapat membuat bekas jerawat lebih terlihat.

Cara menggunakannya bisa dengan gel lidah buaya segar, kemudian oleskan pada bekas jerawat. Biarkan semalam lalu bilas keesokan paginya.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Rambutan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Lawan Infeksi)

3. Lemon


Ilustrasi Lemon-Azzurrodesign-Pixabay

Dalam lemon terkandung Vitamin C yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat. Cukup dengan air perasannya, lemon dapat mengurangi kemerahan bekas jerawat yang sudah terbentuk.

Caranya yaitu basahi kapas dengan air perasan lemon dan oleskan ke bekas jerawat. Penggunaannya hanya pada area bekas jerawat saja. Sebab, kandungan vitamin C yang asam dapat menimbulkan iritasi pada kulit, khususnya untuk kulit wajah yang sensitif.

4. Kentang


Ilustrasi Kentang-1195798-Pixabay

Selain bisa disajikan sebagai makanan yang enak, kandungan dalam kentang juga bermanfaat untuk kulit.

(BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Paling Ampuh, Gunakan 6 Bahan Alami Berikut Ini)

Pasalnya, kentang mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat.

Selain itu, kentang juga mengandung agen pemutih alami yang bekerja secara efektif pada hiperpigmentasi akibat jerawat.

Adapun cara menggunakan kentang untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu dengan cara parut setengah kentang menjadi bubur. Selanjutnya, oleskan bubur ini langsung ke bekas jerawat dan bersihkan setelah 15-20 menit.

(BACA JUGA:8 Bahan Alami Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam, Murah dan Mudah Didapat)

5. Kunyit


Ilustrasi kunyit-Pixabay/stevepb-Pixabay/stevepb

Kandungan dalam kunyit bisa mencerahkan kulit dan membantu menghilangkan bekas jerawat secara efektif dan tidak menimbulkan efek samping.

Bahkan, kunyit juga mengandung anti-inflamasi yang dapat menenangkan bekas jerawat. Senyawa yang ditemukan dalam kunyit yang disebut kurkumin memiliki fungsi untuk mencegah hiperpigmentasi kunyit.

Dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan bahwa kunyit membantu mengurangi hiperpigmentasi hingga 14 persen hanya dalam waktu empat minggu.

Cara penggunaannya cukup mudah. Campur bubuk kunyit dengan air secukupnya, lalu oleskan pada bekas jerawat. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Nangka Bagi Tubuh, Jaga Kesehatan Mata Salah Satunya)

6. Tomat


ilustrasi tomat-Pixabay/kie-ker-

Tomat memiliki banyak kandungan di dalamnya yang memiliki berbagai manfaat. Vitamin A, C, K dan lycopene dalam tomat dapat membantu menghilangkan bekas jerawat pada kulit.

Berbagai vitamin itu bisa membantu kulit dalam proses regenerasi sel-sek kulit baru yang membantu untuk menghilangkan bekas jerawat.

Selain itu, zat lycopene dalam tomat mengandung sifat antioksidan tinggi yang sangat baik untuk membantu membersihkan pori-pori.

Cara menggunakan tomat sebagai penghilang bekas jerawat adalah gosokkan irisan tomat pada area yang bermasalah. Selanjutnya, biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

(BACA JUGA:4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Tetap Cantik dan Sehat, Ketahui Cara Pakainya di Sini)

7. Timun


ilustrasi timun-Pixabay/congerdesign-

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Timun seringkali digunakan sebagai masker wajah dan memiliki manfaat bagi kecantikan.

Hal ini dikarenakan Timun memiliki berbagai vitamin dan mineral seperti magnesium yang bermanfaat bagi kulit.

Perpaduan vitamin dalam timun dapat menghilangkan bekas jerawat serta mengurangi peradangan. Timun juga mengandung protein yang mengencangkan kulit sehingga dapat membuat kulit tampak halus dan kenyal.

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh)

Kadar air dalam timun mencapai 95% sehingga bermanfaat untuk melembabkan kulit, mencerahkan bintik-bintik gelap, dan menenangkan kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat, potong timun secara tipis kemudian tempelkan pada bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit. 

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Gaya Hidup