10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Menutrisi hingga Mampu Atasi Rambut Rusak


Minyak Zaitun-stevepb--Pixabay

SEPUTAR SURABAYA - Berikut terdapat 10 manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut yang perlu diketahui agar bisa digunakan dengan tepat sesuai fungsinya, salah satunya bisa mengatasi Rambut rusak.

Minyak Zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang baik untuk menutrisi rambut. Minyak alami hasil ekstraksi dari buah Zaitun ini memiliki kandungan yang kaya manfaat dan cocok sebagai alternatif merawat rambut.

Minyak zaitun biasanya berwarna kuning muda atau hijau muda yang diambil langsung dari buah zaitun. Minyak ini banyak ditemui di wilayah Mediterania seperti Spanyol, Yunani, dan Italia.

(BACA JUGA:Hati-hati! Konsumsi Karbohidrat Berlebih Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara, Begini Penjelasan Pakar)

Minyak yang dikenal dengan sebutan Olive Oil ini terbagi menjadi 3 jenis yakni Extra Virgin Olive Oil, Virgin Olive Oil, dan Olive Oil.

Pertama, Extra Olive Oil adalah jenis minyak zaitun yang diproduksi dengan metode alami untuk menjaga kemurniannya. Kemurniannya mengandung 0,8 persen keasaman. Kedua, Virgin Olive Oil, kualitas minyak ini sedikit lebih rendah dari extra virgin. Kandungan keasamannya sekitar 1,5 persen. Ketiga adalah Olive Oil, jenis ini diproduksi dan diolah dengan bahan lainnya sehingga tingkat kemurniannya rendah dan antioksidannya kecil.

Kendati diproduksi dengan cara berbeda-beda, secara umum minyak ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk Kesehatan rambut.

(BACA JUGA:7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah dengan Aman Menggunakan Bahan Alami)

Melansir dari laman Healthline, minyak ini mengandung asam lemak dan aktioksidan yang tinggi. Selain itu komposisi kimianya yang unik menjadi satu alasan minyak zaitun kerap menjadi alternatif untuk memperbaiki tekstur dan penampilan rambut sejak berabad-abad silam.

Sebuah penelitian tahun 2015 mengemukakan terkait turunan pohon zaitun dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan selengkapnya mengenai manfaat minyak zaitun untuk rambut:

(BACA JUGA:Atasi Nyeri Sendi dan Maag dalam Seminggu ala dr. Zaidul Akbar! Pantang Konsumsi 4 Makanan Ini)

1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut


Ilustrasi pertumbuhan rambut-nensuria-Pixabay

Minyak satu ini mengandung antioksidan yang dapat menutrisi rambut. 

Antioksidan ini dapat membantu pertumbuhan rambut serta mencegah kerusakan ramput dari radikal bebas dan polusi udara.

Selain antioksidan, minyak ini juga mengandung protein serta anti mikroba untuk pertumbuhan rambut. Penggunaan minyak zaitun secara rutin dapat mempercepat tumbuhnya rambut dan menghasilkan rambut yang kuat dan sehat.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Markisa yang Baik untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya)

2. Menenangkan Kulit Kepala


ilustrasi menenangkan kulit kepala-rodnae-pexels

Minyak yang dikenal dengan Olive Oil ini rupanya juga memiliki sifat anti bakteri. Hal ini sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Anti bakteri ini dapat menenangkan kulit kepala seperti mengurangi rasa gatal, mengatasi keringat, melawan Ketombe, dan juga melancarkan folikel rambut yang mengalami penyumbatan.

3. Mengurangi Rambut Bercabang


Ilustrasi Rambut bercabang-Stock Snap-Pixabay

Manfaat minyak zaitun untuk rambut selanjutnya adalah terdapat kandungan yang ada dalam minyak zaitun sehingga mampu membuat rambut terlihat lebih terawat dan sehat. Selain itu, juga dapat membantu menghaluskan ujung rambut yang bercabang, rusak, atau terbakar.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung vitami dan asam lemak serta omega 6 untuk memperbaiki ujung rambut.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Rambutan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Lawan Infeksi)

4. Memelihara Kesehatan dan Menebalkan Rambut


Ilustrasi rambut tebal-Elemen-pexels

Minyak zaitun memiliki kandungan yang bisa melembabkan dan mencegah kekeringan rambut. Khasiatnya akan semakin terasa pada rambut yang terpapar sinar matahari. 

Minyak ini juga dapat menebalkan rambut karena memiliki kandungan asam lemak omega 6. Tekstur rambut juga menjadi mudah diatur dan tidak kasar.

5. Mengatasi Rambut Rontok


Ilustrasi rambut rontok-pimnana-Pixabay

Ramput rontok merupakan salah satu masalah rambut yang kerap dikeluhkan sebagian orang. Penyebab utamanya adalah hormon dihidrotestosteron yang menyerang folikel rambut dan melemahkan rambut. 

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut yakni dapat mengurangi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun bisa menghambat produksi hormon tersebut. 

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh)

6. Mengatasi Rambut Kusut


Rambut Kusut-Monstrekoi-Pixabay

Minyak Zaitun memiliki nutrisi dan vitamin untuk mengatasi rambut kusut. Teksturnya yang licin dan kandungan asam lemak omega 6 dapat menjadi pelumas rambut. 

Oleh karena itu rambut dapat terhidar dari kekusutan dan memberikan nutrisi hingga mendalam serta menjadikan rambut lebih lembut.

7. Meredakan Iritasi pada Kulit Kepala


ilustrasi iritasi kulit kepala-Andrea-Piexels

Iritasi kulit kepala menjadi salah satu keluhan yang kerap dialami sebagian orang. Penyebanya beragam mulai dari paparan sinar matahari hingga kekurangan nutrisi.

Kandungan yang ada pada minyak zaitun dengan tambahan air lemon dapat mengatasi iritasi pada kulit kepala dengan cara diolaskan.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Nangka Bagi Tubuh, Jaga Kesehatan Mata Salah Satunya)

8. Melembutkan Rambut Mengembang


Ilustrasi rambut mengembang-Stock Snap-Pixabay

Minyak Zaitun mengandung asam oleat, asan palmitat, dan squalene yang memiliki kemampuan melembutkan rambut megar dan mengembang.

Kandungan tersebut dikenal dengan zat emolien yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut.

9. Mengurangi Ketombe


Ilustrasi ketombe-Jay_Zynism-Pixabay

Ketombe merupakan suatu kondisi dimana kulit terluar ramput mengalami kerontokan atau rapuh. Hal ini bisa terjadi lantaran kulit kepala terlalu kering sehingga sel-sel mati terkelupas.

Minyak Zaitun memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak yang mempu melembabkan kulit kepala. Apabila penggunaannya rutin bisa meredakan ketombe.

(BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Paling Ampuh, Gunakan 6 Bahan Alami Berikut Ini)

10. Menyeimbangkan Kulit Kepala Berminyak


Ilustrasi kulit kepala berminyak-shvets-pexels

Minyak alami dari buah saitun ini rupanya memiliki kemampuan anti bakteri yang sangat baik bagi kesehatan kulit rambut. Penyebab rambut berminyak lantaran kulit kepala terlalu kering. Oleh karena itu, tubuh mengirim perintah untuk memproduksi minyak agar menjaga kulit rambut tetap lembab.

Dari data tersebut, manfaat minyak zaitun untuk rambut juga mampu mengatasi masalah kulit kepala yang kering menjadi lembab sehingga mencegah produksi minyak berlebihan. Namun penggunaan untuk khasiat ini tidak boleh sembarangan, Anda harus melumurinya dengan merata dan tidak boleh berlebihan.

Langkah selanjutnya Anda dapat membilas dengan air hangat secara menyeluruh untuk mengindari residu yang menyumbat pori-pori kulit kepala.

(BACA JUGA:5 Tips Jitu Atasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menghadap Layar ala dr. Zaidul Akbar, Nomor 3 Paling Mudah)

Itulah beberapa khasiat dan manfaat minyak zaitun untuk rambut dan kulit kepala. 

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda perlu tahu juga cara penggunaannya sehingga kandungan atau khasiatnya benar-benar dapat menutrisi rambut.

Mengutip dari Heatline, berikut cara-cara membuat masker rambut minyak zaitun:

Cara Membuat Masker Rambut Minyak Zaitun

(BACA JUGA:8 Bahan Alami Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam, Murah dan Mudah Didapat)

1. Ukur sekitar 1/8 hingga 1/4 cangkir minyak zaitun untuk merawat seluruh kepala Anda. Perlu diingat bahwa tidak semua minyak akan menyerap ke kulit kepala dan folikel rambut Anda. Kurang itu lebih. Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak, tetapi sulit untuk menghilangkannya setelah Anda menerapkan terlalu banyak. Oleh karena itu hendaknya dilakukan pengurukan yang presisi

2. Gosok tangan Anda bersama-sama untuk memanaskan minyak sedikit di telapak tangan Anda

3. Baluri rambut dengan minyak yang telah digosok-gosok di telapak tangan

4. Pijat minyak perlahan dan lembut ke kulit kepala Anda. Berikan perhatian khusus pada ubun-ubun kepala Anda, dengan mengoleskan minyak ke akar rambut Anda. Juga tambahkan sedikit minyak zaitun ke ujung rambut Anda untuk membantu memperbaiki ujung rambut bercabang.

(BACA JUGA:Waspada Jika Muncul Tanda-tanda Ini di Wajah, Bisa Jadi Gejala Kanker! Apa Saja, Simak Berikut Ulasannya)

5. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi dan biarkan perawatan minyak meresap ke kulit kepala Anda. Banyak orang membiarkan minyak menyerap setidaknya selama 15 menit, meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan periode waktu yang paling membantu.

6. Anda harus keramas atau mencuci rambut Anda untuk mengeluarkan minyak. Cuci rambut Anda dengan air hangat dan sampo favorit Anda. 

7. Hal yang perlu dipehartikan juga adalah dengan menghindari air panas, karena dapat merusak rambut Anda. 

(BACA JUGA:4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Tetap Cantik dan Sehat, Ketahui Cara Pakainya di Sini)

8. Anda mungkin perlu menyabuni, membilas, dan mengulanginya dua kali atau lebih untuk mengeluarkan minyak.

Demikian beberapa tata cara atau langkah memanfaatkan minyak zaitun sebagai masker rambut. Selamat Mencoba!

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Gaya Hidup