Wow! Bisa jadi Alternatif Diet, Inilah 5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan


Manfaat Buah Kesemek-jackmac34-Pixabay

SEPUTAR SURABAYA - Berikut ini akan diulas manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan tubuh. Buah Kesemek merupakan buah yang ditanam selama ribuan tahun. Rupa buah ini terbilang unik karena seperti dibaluri tepung. Serbuk lembut seperti tepung tersebut asli dari Buah Kesemek itu sendiri.

Buah berwarna orange ini memiliki rasa yang manis seperti madu. Dari ratusan jenis, varietas Hachiya dan Fuyu merupakan yang paling sering dicari.

Buah satu ini memiliki kandugan unik, seperti kesemek Hachiya yang mengadung astingen. Astrigen ini artinya mempunyai bahan kimia tanaman yang tinggi yang disebut tanin. Tanin ini memberikan efek mentah serta rasa kering dan pahit. Oleh karena itu kesemek jenis ini tidak boleh dimakan sebelum benar-benar matang.

(BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Inilah 5 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Buah Paling Melimpah yang Punya Banyak Khasiat)

Sementara kesemek fuyu juga mengadung tanin tetapi non-astingen. Hal ini membuat teksturnya lebih renyah dan memiliki bentuk seperti tomat. Biasanya buah jenis ini dapat dinikmati meskipun belum benar-benar matang.

Selain dimakan langsung, buah ini juga kerap diolah menjadi berbagai produk. Contohnya dapat dikeringkan atau dimasak. Produk olahannya bisa berupa jeli, minuman, pai, kari, atau puding.

Tak hanya enak dikonsumsi, rupanya buah ini memiliki kandungan yang kaya nutrisi yang sangat bermafaat bagi tubuh.

Melansir dari Healthline inilah 5 manfaat buah kesemek yang perlu Anda ketahui:

(BACA JUGA:Dahsyat! dr. Zaidul Akbar Ungkap Rahasia Makan Gorengan Tapi Tetap Sehat, Ikuti 3 Langkah Ini)

1. Mengandung Banyak Nutrisi untuk Tubuh


ilustrasi daya tahan tubuh-pixabay/Activedia-

Buah kesemek mengandung banyak sekali vitamin. Satu buah kesemek dengan berat 169 gram mengandung vitamin, serat, lemak, karbohidrat, dan protein. Tak tanggung-tanggung vitaminnya sangat lengkap mulai dari vitamin A, C, E, K, B6. Selain itu juga ada sumber yang baik seperti thiamin (B1), riboflavin (B2), folat, magnesium, dan fosfor.

Kandungannya yang bernilai gizi tinggi serta rendah kalori dan kaya serta bisa menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan.

Dengan mengkonsumsi satu buah kesemek sama saja seperti mengkonsumsi setengah asupan vitamin A yang direkomendasikan. Vitamin ini akan larut dalam lemak yang begitu penting untuk meningkatkan fungsi Kekebalan Tubuh, kesehatan penglihatan, dan perkembangan janin.

(BACA JUGA:7 Cara Menghilangkan Bekas Cacar, Gunakan Madu Salah Satunya)

Senyawa tanaman seperti tanin, flavonoid, dan karotenoid juga terdapat pada buah ini. Fungsi senyawa ini juga berdampak positif bagi kesehatan. Kandungan lain yang menunjang adalah Vitamin C, serat, dan bahan seperti dalam teh tarapeutik.

2. Mengandung Sumber Antioksidan Kuat


Ilustrasi paru-paru-kalhh-pixabay.com

Senyawa yang terkandung dalam buah kesemek rupanya memiliki kualitas sebagai antioksidan. Fungsi antioksidan dapat membantu mencegah dan memperlambat kerusakan sel dengan cara menangkal stres oksidatif. Stres oksidatif ini adalah suatu proses yang dipicu oleh molekul yang disebut radikal bebas.

Biasanya stress ini dikaitkan dengan penyakit kronis seperti jantung, diabetes, kanker, dan kondisi neurologis seperti Alzheimer.

(BACA JUGA:Atasi Nyeri Sendi dan Maag dalam Seminggu ala dr. Zaidul Akbar! Pantang Konsumsi 4 Makanan Ini)

Jika Anda mengkonsumsi buah kesemek, kandungan antioksidannya akan membantu melawan stress oksidatif ini sehingga meminimalisir terjangkitnya penyakit kronis tertentu.

Hal ini juga telah dibuktikan bahwa diet tinggi flavonoid yang merupakan antioksidan kuat ditemukan dalam kulit dan daging kesemek dikaitkan dengan tingkat penyakit jantung yang lebih rendah. Selain itu juga berpengaruh terhadap penurunan mental terkait usia dan kanker paru-paru.

Manfaat lainnya berupa beta-karoten yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker kolorektal, serta penyakit metabolik.

(BACA JUGA:10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Menutrisi hingga Mampu Atasi Rambut Rusak)

Dalam sebuah penelitian ada lebih dari 37 ribu orang mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan beta-karoten tinggi memiliki risiko rendah terserang diabetes tipe 2.

3. Memiliki Nutrisi yang Bagus untuk Kesehatan Jantung


Ilustrasi kesehatan jantung-Pexels-Pixabay

Kesemek mempunyai nutrisi yang mengandung antioksidan flavonoid termasuk juga quercetin dan kaempferol yang baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan ini sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian ada lebih dari 98 ribu orang menemukan bahwa diantara mereka yang memiliki asupan flavonoid tertinggi memiliki 18 persen lebih sedikit kematian akibat masalah jantung dibandingkan yang asupannya rendah.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Rambutan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Lawan Infeksi)

Dengan melakukan diet tinggi yang kaya akan flavonoid dapat mendukung kesehatan jantung. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi Kolesterol LDL ‘jahat’ serta mampu mengurangi peradangan.

Buah ini dapat menurunkan tekanan darah juga dikarenakan kandungan taninnya yang pahit. Tak hanya itu, dalam penelitian lain membuktikan bahwa asam tanat dan asam galat di buah kesemek juga efektif menurunkan tekanan darah yang menjadi risiko utama penyakit jantung.

4. Mengurangi Tingkat Kolesterol


ilustrasi jantung-pixabay/geralt-

Manfaat selanjutnya adalah bisa mengurangi tingkat kolesterol. Melansir dari Blodsky, Kolesterol merupakan zat seperti lemak yang menumpuk di arteri yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Markisa yang Baik untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya)

Beberapa penelitian mencatat telah menunjukkan bahwa kandungan yang ada dalam buah kesemek dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. 

Caranya yakni dengan mengkonsumsi buah kesemek setiap hari secara signifikan akan menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Meningkatkan Aktivitas Metabolik


ilustrasi sehat-pixabay/office469-

Aktivitas metabolik juga dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi buah kesemek. Kesemek mengandung unsur vitamin B kompleks seperti asam folat dan tiamin, yang penting dalam mengambil bagian dalam fungsi metabolisme di seluruh tubuh.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Nangka Bagi Tubuh, Jaga Kesehatan Mata Salah Satunya)

Unsur-unsur ini memastikan bahwa sistem tubuh berfungsi dengan benar, sehingga meningkatkan metabolisme.

Demikian beberapa manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

 

`
Kategori : Gaya Hidup