Jangan Disepelekan! Inilah 5 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Buah Paling Melimpah yang Punya Banyak Khasiat


Manfaat Jambu Air-Pixabay-banyu-waseso

SEPUTAR SURABAYA - Manfaat Jambu Air sangat melimpah seperti tumbuhnya buah ini yang selalu rimbun di halaman rumah atau pekarangan kosong. 

Sama seperti namanya, jambu air memiliki banyak kandungan air daripada buah jambu biji. Jambu air juga sama seperti jambu biji, yakni memiliki variasi buah berwarna putih dan merah.

Selain mudah untuk ditemui, buah ini memiliki harga yang cenderung sangat terjangkau. Biasanya jambu air digunakan untuk campuran rujak buah, akan tetapi tak sedikit masyarakat yang gemar mengonsumsi jambu air secara langsung.

(BACA JUGA:7 Cara Menghilangkan Bekas Cacar, Gunakan Madu Salah Satunya)

Tak hanya memiliki rasa yang segar dan lezat, manfaat jambu air juga bisa diperoleh dari banyaknya kandungan yang terdapat di dalamnya. 

Adanya segudang senyawa bernutrisi seperti Vitamin C, vitamin A, serat, potasium, dan lain sebagainya membuat jambu air ini kaya akan Khasiat untuk Kesehatan tubuh.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk melakukan perawatan tubuh agar tetap sehat.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Rambutan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Lawan Infeksi)

Dengan mengonsumsi jambu air yang harganya tak semahal berobat di rumah sakit, Anda sudah bisa memberikan asupan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut terdapat 5 manfaat jambu air yang perlu Anda ketahui untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Memelihara Sistem Pencernaan


ilustrasi pencernaan-pixabay/julientromeur-

Buah jambu air memiliki kandungan serat yang melimpah sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem percernaan. Dalam hal ini berarti buah jambu air mampu mencegah timbulnya masalah dalam usus sehingga terhindar dari penyakit sembelit.

(BACA JUGA:10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Menutrisi hingga Mampu Atasi Rambut Rusak)

Kandungan anti-mikroba yang terdapat dalam jambu air dipercaya mampu membunuh cacing yang beresiko menginfeksi saluran pencernaan.

Akan tetapi disarankan untuk tidak mengonsumsi jambu air secara berlebihan karena bisa mengakibatkan diare dan sakit perut. 

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh


ilustrasi Kekebalan Tubuh-geralt-pixabay

Manfaat jambu air juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh bisa terjaga dari segala penyakit. 

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Nangka Bagi Tubuh, Jaga Kesehatan Mata Salah Satunya)

Kandungan vitamin C yang banyak dalam buah jambu air berfungsi sebagai antimikroba dan antioksidan, di mana dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas.

Produksi sel darah putih juga bisa meningkat karena adanya vitamin C yang cukup dan membantu bekerja secara optimal. Hal ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sel tubuh sehingga terhindar dari segala penyakit.

3. Menutrisi Kulit


ilustrasi kulit -Pixabay-Pixabay

Anda tidak perlu khawatir mengenai kesehatan kulit apabila gemar mengonsumsi jambu air. Pasalnya jambu air memiliki kandungan vitamin C yang mampu memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Kemudian sel tersebut akan beregenerasi dan menutrisi kulit hingga tampak lebih cerah  serta mencegah penuaan dini.

Selain itu, kandungan antioksidan yang terkandung dalam jambu air bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi, stress, dan pola makan yang buruk. 

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Markisa yang Baik untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya)

4. Mencegah Kanker dan Jantung


Ilustrasi kanker-PDPics-Pixabay

Buah jambu air mengandung antioksidan yang kaya akan vitamin C dan vitamin A sehingga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Penyakit kanker sangat mengerikan karena bisa menyebabkan kematian, Anda bisa melakukan pencegahan dengan menjaga pola makan sehat dan mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin dan antioksidan.

Kandungan buah jambu air yang tinggi natrium dan rendah keloesterol bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit stroke.

(BACA JUGA:5 Tips Jitu Atasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menghadap Layar ala dr. Zaidul Akbar, Nomor 3 Paling Mudah)

Hal ini juga mempengaruhi pada kesehatan jantung, buah yang rendah kolesterol bisa membantu dalam mencegah peradangan, hipertensi, dan menekan penyebab penyakit stroke. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jambu air dapat mencegah terjadinya komplikasi kardiovaskular seperti, jantung koroner, stroke, ataupun serangan jantung. 

5. Menstabilkan Gula Darah


Menurunkan gula darah-stevepb-pixabay.com

Bukan hanya buahnya, manfaat jambu air juga terdapat pada daunnya yang dapat mengendalikan gula darah dalam tubuh.

Kadar gula darah ini dapat menyebabkan penyakit diabetes apabila mengalami kelebihan. Akan tetapu kandungan polifenol yang terdapat dalam daun jambu air dapat dipercaya mampu mngendalikan kadar gula darah.

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh)

Cara Mengonsumsi Jambu Air

Pada umunya, jambu air dapat dimakan secara langsung dalam kondii segar dan matang. Akan tetapi terkadang bagi sebagian orang meberikan inovasi baru dalam menyantap buah yang sehat ini. 

Jambu air bisa dikonsumsi sebagai rujak buah yang dpotong-potong kecil bercampur dengan buah lainnya seperti, pepaya, mangga muda, kedondong, nanas, dan lain-lain. Kemudian dicocol dengan saus yang terbuat dari sambal kacang, garam atau sambal asam. 

Selain itu, buah jambu air juga bisa disajikan pada campuran salad buah. Tak jarng pula buah jambu air diolah menjadi sirup, jeli, selai, manisan, ataupun asinan. 

(BACA JUGA:Bisa Bikin Pencernaan Lebih Lancar, Ini 5 Minuman yang Bisa Anda Konsumsi)

Sebelum mengonsumsi buah jamu air, lakukan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu.

- Pilihlah buah jambu air yang matang dengan sempurna, berbau manis dan segar, biasanya buah akan terasa asam apabila belum matang dengan sempurna.

- Pastikan untuk mencuci bersih buahnya agar terhindar dari kuman.

- Makan buah jambu air dengan porsi secukupnya dan pastikan sudah makan makanan berat terleih dahulu.

(BACA JUGA:4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Tetap Cantik dan Sehat, Ketahui Cara Pakainya di Sini)

Mengonsumsi makanan dan buah apapun ika tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat, sering berolahraga, dan istirahat yang cukup, tidak akan memberikan manfaat yang baik pada tubuh.

Lakukan perawatan tubuh dengan segala aspek agar dapat merasakan manfaat jambu air secara maksimal.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

 

`
Kategori : Gaya Hidup