Inilah 5 Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan, Bisa Membantu Membunuh Sel Kanker Salah Satunya


Buah Sirsak-WonderfulBali-Pixabay

SEPUTAR SURABAYA –  Dipercaya mampu membunuh sel Kanker, berikut sederet Manfaat Buah Sirsak yang mampu membantu menjaga Kesehatan tubuh.

Buah sirsak juga dikenal sebagai graviola yang kaya akan nutrisi, serat dan Vitamin C yang bagus untuk Kesehatan.

Buah ini juga merupakan buah rendah kalori sehingga bisa Anda masukkan ke dalam daftar buah untuk menu makanan diet Anda.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Manggis Berikut Ini Mampu Menyehatkan Tubuh, Mulai dari Anti Peradangan hingga Alternatif Diet)

Adapun kandungan setiap 100gram sirsak mentah yaitu terdiri dari 66 kalori, protein 1 gram, serat 3.3 gram, vitamin C 34 persen dari RDI, kalium 8 persen dari RDI, magnesium 5 persen dari RDI dan tiamin 5 persen dari RDI.

Selain itu, buah sirsak juga mengandung niasin, riboflavin, folat dan zat besi.

Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki, tak hanya bagian buah saja yang bisa dirasakan manfaatnya, melainkan daun hingga batangnya juga memberikan banyak manfaat.

Namun, untuk buahnya sendiri, buah sirsak menawarkan beberapa manfaat, salah satunya yaitu bisa membantu membunuh sel kanker.

(BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Inilah 5 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Buah Paling Melimpah yang Punya Banyak Khasiat)

Manfaat Buah Sirsak

Melansir dari Healthline, simak 5 manfaat buah sirsak yang bisa Anda nikmati berikut ini:

1. Dapat Membantu Membunuh Sel Kanker


ilustrasi kanker-pixabay/ColiN00B-

Terdapat beberapa studi yang menemukan bahwa sirsak berpotensi membantu menghilangkan sel kanker. Dalam salah satu studi tabung reaksi, ekstrak sirsak diketahui mampu mengurangi ukuran tumor, membunuh sel-sel kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lebih lanjut, studi yang lain menunjukkan bahwa terdapat efek ekstrak sirsak pada sel leukimia untuk menghentikan pertumbuhan dan pembentukan sel kanker.

Namun, hal ini bergantung pada dosis dari ekstrak sirsak dan masih perlu studi lebih lanjut untuk melihat pengaruh makan buah terhadap kanker pada manusia.

(BACA JUGA:Kaya akan Nutrisi! Berikut 5 Manfaat Buah Pisang yang Baik untuk Memelihara Kesehatan Tubuh )

2. Menetralkan Radikal Bebas dan Mengurangi Resiko Berbagai Penyakit


Ilustrasi penyakit-TheDigitalArtist-pixabay

Buah sirsak merupakan buah yang kaya antioksidan sehingga dapat membantu tubuh untuk menetralkan senyawa berbahaya atau sering disebut radikal bebas yang bisa merusak sel.

Lebih dari itu, beberapa penelitian mengungkap bahwa antioksidan yang dimiliki buah sirsak juga bisa mengurangi resiko beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kanker dan Diabetes.

3. Mengurangi Peradangan


ilustrasi sendi-Taokinesis-pixabay.com

Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa buah sirsak dapat membantu mengurangi peradangan.

(BACA JUGA:Wow! Bisa jadi Alternatif Diet, Inilah 5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan)

Dalam sebuah penelitian, ekstrak buah sirsak dapat mengurangi pembengkakan pada tikus hingga 37 persen. Meski penelitian ini masih terbatas pada hewan, manfaat buah sirsak yang satu ini juga dimungkinkan sangat berkhasiat untuk mengatasi ganguan inflamasi seperti radang sendi.

4. Melawan Bakteri


Jenis-jenis bakteri dalam tubuh manusia-qimono-pixabay.com

Selain memiliki sifat antioksidan, buah sirsak juga memiliki sifat antibakteri yang kuat.

Hal ini dilihat dari studi tabung reaksi terkait ekstrak sirsak pada bakteri penyebab penyakit mulut. Hasilnya, ekstrak sirsak mampu secara efektif membunuh beberapa jenis bakteri seperti strain yang bisa menyebabkan radang gigi, kerusakan gigi dan infeksi jamur.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Rambutan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Lawan Infeksi)

Lebih dari itu, studi tabung reaksi lain juga memberikan hasil bahwa sirsak bisa melawan bakteri penyebab infeksi kolera atau Staphylococcus.

Meski demikian, penting untuk diketahui bahwa studi tabung reaksi ini menggunakan ekstrak dengan konsentrasi tinggi.

5. Membantu Menstabilkan Kadar Gula Darah


Ilustrasi mengukur kadar gula darah-PhotoMIX-Company-Pixabay.com

Buah sirsak telah terbukti dapat membantu menstabilkan gula darah. Hasil ini diperoleh dalam penelitian yang dilakukan pada hewan.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Markisa yang Baik untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya)

Salah satu studi mengungkap bahwa tikus yang diberi ekstrak sirsak memiliki gula darah lima kali lebih rendah daripada kelompok lain. Studi lain juga menunjukkan hal yang serupa, yaitu ekstrak sirsak membantu menurunkan kadar gula darah hingga 75 persen pada tikus diabetes.

Meski penelitian lebih lanjut pada manusia masih dibutuhkan, tetapi temuan ini telah membuktikan bahwa ekstrak sirsak memberikan manfaat bagi penderita diabetes.

Namun, perlu diingat bahwa ekstrak yang dikonsumsi memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dari yang biasa dikonsumsi.

(BACA JUGA:Atasi Nyeri Sendi dan Maag dalam Seminggu ala dr. Zaidul Akbar! Pantang Konsumsi 4 Makanan Ini)

Cara Mengonsumsi Buah Sirsak

Sirsak adalah salah satu bahan yang populer di Amerika Selatan untuk dinikmati dengan berbagai cara yang berbeda, mulai dari jus buah hingga es krim.

Daging buah dari sirsak dapat ditambahkan ke smoothie, dapat juga diseduh sebagai teh, maupun membantu rasa manis dari makanan yang dipanggang.

Akan tetapi karena buah sirsak memiliki rasa manis yang cukup kuat, banyak orang mengonsumsinya secara langsung. 

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh)

Sedikit tips untuk memilih buah sirsak yang matang, pilihlah buah yang terasa lunak ketika dipegang. Apabila buah masih belum matang dan terlanjur dipotong dari pohonnya, Anda bisa membiarkannya beberapa hari sebelum di makan karena buah ini akan matang dengan sendirinya.

Jika ingin mengonsumsinya, potong bagian tengah dari buahnya secara memanjang kemudian ambil dagingnya dan sisihkan bijinya. 

Itulah 5 manfaat buah sirsak yang bisa dinakmati untuk Kesehatan tubuh. Meski beberapa manfaat di atas masih harus diteliti lebih lanjut untuk kesehatan manusia, tetapi penelitian yang telah dilakukan menunjukkan beberapa manfaat yang juga mungkin sangat berguna untuk kesehatan manusia.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

 

`
Kategori : Kesehatan