Penuh Segudang Nutrisi! Beginilah 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh


Buah Mangga-Roman Odintsov-Pexels

SEPUTAR SURABAYA – Mangga merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dimana buah ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan aktioksidan. Kandungan nutrisi tersebut memberikan sederet manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan tubuh, berikut ulasannya.

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, kandungan vitamin E, A, C yang dimiliki oleh buah mangga juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kulit Anda.

Pada dasarnya, vitamin A bisa memberikan manfaat untuk mata dan kulit. Tak hanya itu, vitamin A juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang, Kekebalan Tubuh hingga sistem reproduksi Anda.

(BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan, Bisa Membantu Membunuh Sel Kanker Salah Satunya)

Di sisi lain, kandungan Vitamin C yang tinggi di buah mangga juga sangat penting untuk system kekebalan tubuh dan berperan dalam pertumbuhan otot, tendon dan tulang. 

Lebih dari itu, dibarengi dengan kandungan serat, vitamin tersebut juga berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel.

Selain itu juga terdapat beberapa manfaat buah mangga yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan kulit dan tubuh.

(BACA JUGA:Wow! Bisa jadi Alternatif Diet, Inilah 5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan)

Manfaat Buah Mangga

Melansir Healthline, berikut ini manfaat buah mangga untuk kesehatan kulit dan tubuh Anda

1. Membantu Mengontrol Berat Badan


Ilustrasi Berat Badan [email protected]

Dengan mengonsumsi buah mangga, Anda berpotensi dapat mengontrol berat badan Anda. Mengacu pada penelitian terbaru, mangga dan fitokimianya diketahui dapat menekan sel lemak dan gen yang berhubungan dengan lemak.

Di sisi lain, terdapat studi yang juga mengungkap bahwa kulit buah mangga dapat menghambat jaringan lemak.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Manggis Berikut Ini Mampu Menyehatkan Tubuh, Mulai dari Anti Peradangan hingga Alternatif Diet)

2. Mengurangi Tanda-tanda Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari


Ilustrasi Terik Matahari-Pixabay-https://pixabay.com/

Antioksidan yang ada dalam buah mangga berpotensi membantu mengurangi tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari. Caranya adalah dengan mengurangi oksidasi pada sel-sel kulit.

3. Mendukung Pembentukan Kolagen


ilustrasi kulit wajah bersisik-Pixabay/422694-

Buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dimana vitamin C dibutuhkan untuk produksi kolagen.

Orang yang kurang mengonsumsi vitamin C, produksi kolagennya rendah dan dapat memunculkan penyakit kudis yang ditandai dengan penyembuhan luka kulit yang buruk dan kulit tampak bersisik.

(BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Inilah 5 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Buah Paling Melimpah yang Punya Banyak Khasiat)

4. Antikanker


ilustrasi kanker-Pixabay-marijana1

Kandungan Mikronutrien yang ada dalam buah mangga dapat melawan kanker. Dalam studi yang melibatkan hewan, mangga dapat menurunkan ukuran tumor dan menekan pertumbuhan kanker.

Bahkan dalam studi lain menunjukkan bahwa mangga dapat menghentikan pertumbuhan kanker payudara stadium awal.

5. Meningkatkan Pencernaan


Ilustrasi pencernaan tubuh-OpenClipart-Vectors-Pixabay.com

Mengonsumsi mangga dapat membantu mengatasi sembelit. Dalam sebuah penelitian dalam The Official Journal of the Federation of America Sicieties for Experimental Biology menunjukkan bahwa sekelompok orang yang mengonsumsi buah mangga lebih bisa mengatasi gejala sembelit daripada mereka yang mengonsumsi serat dalam jumlah setara.

(BACA JUGA:Kaya akan Nutrisi! Berikut 5 Manfaat Buah Pisang yang Baik untuk Memelihara Kesehatan Tubuh )

6. Mengurangi Jerawat


ilustrasi jerawat-Pixabay/Kjerstin_Michaela-

Kekurangan vitamin A bisa meningkatkan resiko pengembangan jerawat karena produksi protein keratin tubuh juga meningkat. Hal tersebut terjadi ehingga bisa merembet pada kelebihan produksi keratin yang dapat menyebabkan folikel rambut menjadi tersumbat dan kelenjar keringat pun berkembang menjadi jerawat.

Oleh karena itu, dengan kandungan vitamin A yang dimiliki oleh buah mangga, manfaatnya mampu membantu mengurangi resiko tumbuhnya jerawat.

7. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan


ilustrasi wajah keriput--freepik.com

Dua kandungan vitamin dalam buah mangga yaitu vitamin A dan C mampu bekerja bersama untuk melindungi kulit.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Markisa yang Baik untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya)

Ketika kulit terkena polusi atau sinar matahari, kadar dari dua vitamin ini akan berkurang. Jika tidak diisi kembali, kulit Anda bisa lebih rentan terhadap kerusakan sehingga dapat menyebabkan penuaan dini.

Selain itu, vitamin C yang terdapat dalam mangga ini juga memberikan manfaat untuk membantu memproduksi kolagen yang dapat menghindarkan Anda dari penuaan dini.

Cara Mengonsumsi Buah Mangga 


salad mangga-Pixabay-toodlingstudio

Buah mangga tentu saja sudah terasa enak jika dimakan secara langsung, Anda cukup mengupas kulitnya kemudian dipotong-potong lalu dinikmati.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Rambutan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Lawan Infeksi)

Akan tetapi ada beberapa cara lain yang lebih menarik untuk memakan buah mangga. Anda bisa menggunakan buah mangga sebagai tambahan smoothie, membuat minuman jus mangga dengan es yang segar, ataupun menjadikannya sebagai salad buah bersama blueberry dan jenis buah yang lain. 

Mangga merupakan buah yang kaya akan serat dan memiliki rasa paling manis daripada buah lainnya, sehingga Anda perlu mengatur porsi dalam mengonsumsi buah ini, terlebih untuk yang memiliki riwyat diabetes. Pada orang dewasa cukup mengonsumsi setengah atau 2 buah dalam sehari.

Untuk menambah asupan buah dalam porsi harian, Anda bisa menggunakan buah lain yang lebih rendah gula seperti jeruk, apel, atau buah beri, yang tentu saja juga memiliki nutrisi dan manfaat yang baik bagi tubuh.

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh)

Itulah 7 manfaat buah mangga untuk kesehatan kulit dan tubuh yang bisa Anda rasakan serta tambahan ide untuk mengonsumsi buahnya dengan cara yang berbeda.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

 

`
Kategori : Gaya Hidup