7 Manfaat Buah Apel selain untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Memelihara Kulit Wajah dan Menutrisi Rambut


Manfaat buah apel-Pixabay-pixel2013

SEPUTAR SURABAYA - Beragam kandungan yang terdapat pada buah bisa memberikan sederet manfaat yang baik untuk pemeliharaan tubuh. 7 Manfaat Buah Apel berikut ini akan membuat Anda sadar betapa kaya nutrisi yang terkandung dalam tanaman ini. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah apel kaya akan serat yang dapat membantu menjaga Kesehatan usus. Akan tetapi ternyata buah apel tidak hanya bermanfaat untuk anggota tubuh bagian dalam, namun bisa berkhasiat juga untuk kulit serta rambut Anda. 

Melansir dari Healthline, buah apel memiliki 7000 variasi yang berbeda dari seluruh penjuru dunia, oleh karena itu tidak heran jika buah ini paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat global.

(BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan, Bisa Membantu Membunuh Sel Kanker Salah Satunya)

Mulai dari apel varietas merah seperti Red Delicious dan Fuji, hingga apel hijau seperti Granny Smith yang sering digunakan sebagai camilan ataupun bahan makanan dalam resep kue, muffin, pai, selai, salad, hingga smoothie. 

Buah apel dianggap sebagai buah yang memiliki nutrisi sangat padat, di mana per porsi buah ini mengandung banyak kandungan yang berkhasiat untuk tubuh.

Satu buah apel berukuran sedang (200 gram) mampu mengandung nutrisi sebagai berikut.

(BACA JUGA:Penuh Segudang Nutrisi! Beginilah 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh )

- 104 kalori

- 28 gram karbohidrat

- 5 gram serat

- 10 persen vitamin C harian

- 6 persen potasium

- 5 persen kalium

- 4 persen vitamin K

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Manggis Berikut Ini Mampu Menyehatkan Tubuh, Mulai dari Anti Peradangan hingga Alternatif Diet)

Terdapat pula kandungan vitamin E, B1 dan B6 sebesar 2 sampai 5 persen di setiap buahnya.

Setiap nutrisi yang ada dalam kandungan buah apel tentu saja akan bermanfaat untuk tubuh, bahkan kulit serta rambut juga bisa berkhasiat. 

Berikut 7 manfaat buah apel yang perlu diketahui untuk memelihara kesehatan Anda dilansir dari laman Healthline.

(BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Inilah 5 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Buah Paling Melimpah yang Punya Banyak Khasiat)

1. Menurunkan Berat Badan


Ilustrasi berat badan-picture by jcomp from freepik-

Buah apel memiliki kandungan yang kaya akan serat dann air, sehingga dua unsur ini mampu membuat rasa kenyang. 

Rasa kenyang inilah yang bisa membantu Anda dalam mengatur nafsu makan sehingga dapat digunakan sebagai strategi diet. 

Dalam sebuah penelitan, memakan satu apel utuh bisa meningkatkan rasa kenyang hingga 4 jam lebih lama daripada mengonsumsi jus dalam jumlah yang sama. 

(BACA JUGA:Kaya akan Nutrisi! Berikut 5 Manfaat Buah Pisang yang Baik untuk Memelihara Kesehatan Tubuh )

Menariknya, kandungan polifenol pada buah apel juga memiliki efek anti obesitas sehingga membuat berat badan Anda dapat terkendali.

2. Baik untuk Jantung


ilustrasi jantung sehat-Pixabay-JanBaby

Apel dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung karena mengandung serat laut. Jenis serat inilah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan lain yang mungkin dapat mendukung kinerja menjaga jantung adalah adanya polifenol yaitu flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dan resiko stroke yang lebih rendah.

(BACA JUGA:Wow! Bisa jadi Alternatif Diet, Inilah 5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan)

3. Mencegah Diabetes 


ilustrasi diabetes-Pixabay-Myriams-Fotos

Mengonsumsi apel juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan buah apel dan pir dapat menurunkan diabetes tipe 2 hingga 18 persen. 

Efek anti-inflamasi dari kandungan antioksidan polifenol dapat mengurangi resistensi insulin, yakni faktor terbesar yang mempengaruhi timbulnya diabetes. 

Selain itu, senyawa phloridzin dipercaya mampu mengurangi penyerapan gula di usus, sehingga berkontribusi dalam mengurangi beban gula darah yang menjadi pemicu diabetes. 

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Rambutan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Lawan Infeksi)

4. Menjaga Kesehatan Usus


ilustrasi pencernaan-pixabay/julientromeur-

Pektin yang terkandung pada buah apel merupakan sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik. Dalam hal ini berarti manfaat buah apel dapat memberi makan mikrobiota, yang merupakan bakteri baik di usus sehingga kesehatannya terjaga.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan memberi keuntungan pada mikrobiota usus, buah apel dapat membantu melindungi Anda dari penyakit kronis seperti obesitas, diabetes tipe2, penyakit jantung, dan juga kanker. 

5. Mencegah Penuaan Dini


ilustrasi penuaan dini-Freepik-Freepik

Banyak perusahaan kecantikan yang menggunakan ekstrak apel ke dalam produk mereka baru-baru ini. Ekstrak apel dikemas dengan asam fenolik dan flavonoid, di mana senyawa ini dipenuhi dengan antioksidan yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

(BACA JUGA:4 Manfaat Buah Markisa yang Baik untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya)

Sebuah studi menunjukkan bahwa baik asam fenolik maupun asam flavonoid bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi udara. 

Selain itu adanya antioksidan dalam buah apel dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh paparan ultraviolet (UV), polusi, dan faktor lingkungan lainnya.

6. Membantu Mengurangi Jerawat


ilustrasi jerawat-Pixabay-yiyiphotos

Apel juga dipercaya mampu untuk mengurangi jerawat. Asam sitrat yang terkandung dalam apel dapat membantu mengurangi peradangan.

(BACA JUGA:Atasi Nyeri Sendi dan Maag dalam Seminggu ala dr. Zaidul Akbar! Pantang Konsumsi 4 Makanan Ini)

Vitamin A, C, dan zinc yang terdapat pada apel juga dianggap dapat meningkatkan kulit menjadi bersih dan sehat.

Kandungan ekstrak apel, asam glikolat, dan vitamin E dianggap mampu mengencangkan pori-pori, mengurangi jerawat, dan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

7. Meningkatkan Kesehatan Rambut


Ilustrasi rambut tebal-Elemen-pexels

Manfaat buah apel selanjutnya ada dalam ekstraknya yang dapat meningkatkan kesehatan rambut Anda. 

Sebuah studi pada tahun 2018 menemukan bahwa kandungan polifenol pada buah apel dapat memproduksi keratin rambut sehingga membantu mendorong pertumbuhan rambut setelah mengalami kerontokan.

(BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh)

Selain itu, menggunakan serum kulit kepala yang mengandung ekstrak buah apel dapat membantu menebalkan rambut Anda. 

Itulah sederet manfaat buah apel yang baik untuk kesehatan tubuh baik pada kulit maupun rambut. 

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Kesehatan