5 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Nyeri Otot hingga Anti Kanker


Manfaat Buah Semangka-Pixabay-ulleo

SEPUTAR SURABAYA - Berikut ini sederet Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan tubuh. Buah Semangka merupakan salah satu buah yang sering dijadikan sebagai santapan usai makan makanan berat. Rasanya yang manis dan menyegarkan sangat cocok dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut.

Buah yang memiliki nama latin Citrullus Lanatus ini berasal dari Afrika bagian selatan yang satu family dengan melon, zucchini, labu dan mentimun. Semangka termasuk buah yang mengandung banyak air dan nutrisi. Kandungan kalorinya sangat sedikit sehingga membuat semangka sangat menyegarkan.

Ditambah lagi terdapat senyawa tanaman yang kuat berupa Citrulline dan Lycopene yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

(BACA JUGA:7 Manfaat Buah Apel selain untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Memelihara Kulit Wajah dan Menutrisi Rambut)

Biasanya semangka dimakan langsung saat segar dan bisa juga dibekukan atau dibuat menjadi jus. Variasi lainnya bisa menjadi bahan tambahan bersama smoothie.

Buah menyegarkan ini kaya akan khasiat mulai dari vitamin dan mineral, serat, karbohidrat, protenin serta senyawa tumbuhan.

Senyawa tumbuhan yang terkandung dalam semangka berupa asam amino citrulline dan antioksidan likopen yang mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Ada pula sumber senyawa tumbuhan berupa antioksidan namun tergolong buruk jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

(BACA JUGA:Penuh Segudang Nutrisi! Beginilah 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh )

Melansir dari laman Heathline, berikut ini sederet manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Menurunkan Tekanan Darah


Ilustasi tekanan darah-stevepb-Pixabay

Kandungan dalam semangka berupa citrulline dapat diubah menjadi arginin dalam tubuh. Kedua asam amino ini sangat bagus untuk memproduksi oksida nitrat. Oksida nitrat merupakan molekul gas yang menyebabkan otot-otot kecil di pembulu darah rileks dan melebar. Kondisi ini bisa berdampak pada penurunan tekanan darah. Tak hanya itu, manfaat lainnya juga dapat mengurangi kekakuan arteri para orang dengan tekanan darah tinggi.

Penyakit darah tinggi ini patut diwaspadai karena sering kali menjadi faktor risiko utama penyakit kronis dan kematian dini. Oleh karena itu semangka bisa menjadi alternatif konsumsi untuk meminimalisir risiko kematian akibat tekanan darah tinggi.

(BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan, Bisa Membantu Membunuh Sel Kanker Salah Satunya)

2. Mengurangi Nyeri Otot setelah Berolahraga


Ilustrasi berolahraga-photo by unitea-from Pixabay

Nyeri otot kerap dialami usai melakukan olahraga berat. Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi jus semangka dapat efektif mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Namun di lain penelitian menemukan bahwa terdapat efek berbeda.

3. Membantu Tetap Terhidrasi


ilustrasi tubuh terhidrasi-Pixabay-mohamed_hassan

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga sistem metabolisme. Hidrasi tubuh memiliki fungsi mengatur suhu tubuh, menjaga fungsi organ tetap normal, melakukan pengiriman nutrisi ke sel. 

Cara agar menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan makan makanan yang memiliki kandungan air tinggi, salah satunya adalah buah semangka ini. Buan semangka dapat memberikan tubuh air yang agar fungsi hidrasi tetap berjalan.

(BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Inilah 5 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Buah Paling Melimpah yang Punya Banyak Khasiat)

Adapun kandungan air dari semangka cukup tinggi yakni 92 persen. Hal ini menjadikan buah yang umunya berdaging merah ini menjadi asupan yang tepat untuk memberi hidrasi tubuh.

Selain itu, semangka memiliki kepadatan kalori yang rendah atau dapat dikatakan memiliki sedikit kalori untuk berat totalnya. Efek dari kalori yang rendah dapat membantu manajemen berat badan lantaran dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Memiliki Efek Anti Kanker


ilustrasi kanker-pixabay/ColiN00B-

Manfaat buah semangka selanjutnya adalah terdapat dalam kandungan likopen dan cucurbitacin E. Kandungan senyawa tanaman ini sangat memungkinkan memiliki efek Anti-kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan likopen meminimalisir risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kolorektal.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Manggis Berikut Ini Mampu Menyehatkan Tubuh, Mulai dari Anti Peradangan hingga Alternatif Diet)

Selain itu likopen ini juga mampu menurunkan kadar insulin-like growth factor (IGF), hormon ini dapat mendorong pembelahan sel. Perlu diketahui bahwa kanker dapat terbentuk saat pembelahan sel tak terkendali.

Senyawa lainnya adalah cucurbitacin E yang dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan mempromosikan autophagy sel kanker. Autophagy ini merupakan proses tubuh menghilangkan sel-sel yang rusak. Namun temuan ini perlu diuji lebih lanjut.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung


ilustrasi kesehatan jantung-Pixabay/geralt-

Nutrisi dalam semangka dapat mendukung kesehatan jantung. Nutrisi tersebut berupa likopen yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kandungan ini tentu dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan kolesterol tinggi.

(BACA JUGA:Wow! Bisa jadi Alternatif Diet, Inilah 5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan)

Kandungan lain pada semangka yang dapat meningkatkan kesehatan jantung adalah citrulline, asam amino ini dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Senyawa ini mampu membantu pembulu darah mengembang serta dapat juga menurunkan tekanan darah.

Kandungan lain berupa vitamin dan mineral juga magnesium, potasium, vitamin A, B6 dan C3 juga sangat menunjang kesehatan jantung.

Itulah beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh. Kendati kaya akan manfaat, perlu diketahui juga bahwa buah yang sangat menyegarkan ini juga memiliki dampak buruk.

(BACA JUGA:Kaya akan Nutrisi! Berikut 5 Manfaat Buah Pisang yang Baik untuk Memelihara Kesehatan Tubuh )

Dampak buruk itu dapat berupa reaksi alergi pada sebagian orang serta masalah pencernaan. Alergi pada semangka biasanya sangat berkaitan dengan sindrome alergi oral pada individu yang sensitif terhadap serbuk sari.

Bagaimana cara menadainya? Adan dapat meihatnya pada mulut dan tenggorokan yang terasa gatal serta pembekakan pada bibir, mulut, lidah, tenggorokan, dan telinga.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

 

`
Kategori : Kesehatan