Minggu 01-08-2021,04:03 WIB

Luhut Sebut Pemerintah Tingkatkan Testing dan Tracing saat PPKM Level 4





Tangkapan layar Menko Marves, Luhut B. Pandjaitan dalam paparannya terkait perkembangan PPKM Darurat-kemenkomarves-Instagram

SEPUTAR SURABAYA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemerintah saat ini sedang menyusun sistem peningkatan testing dan tracing saat pelaksanaan PPKM level 4.

“Apabila ditemukan kasus setelah dilakukan testing, lalu dibawa ke isolasi kemudian pengobatan dijamin pemerintah dan keluarga diberikan sembako atau bantuan sosial dari pemerintah,” tutur Luhut dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/7).

Luhut menegaskan peningkatan testing dan tracing akan dilakukan secara masif. Selain itu, pemerintah saat ini juga masih terus berupaya untuk melaksanakan vaksinasi secara menyeluruh.

(BACA JUGA:Pemerintah Pakai Istilah PPKM Level 1-4, Ini Penjelasan Luhut)

“Seperti DKI Jakarta yang meninggal karena Covid-19 dan sudah divaksin itu sangat rendah. Angkanya dari 5,1 juta itu hanya 54 orang yang meninggal (karena sudah divaksin). Jadi ini angka hanya 0,21 persen. Rata-rata itu karena komorbid,” ucapnya.

Menurutnya, penting bagi masyarakat untuk paham bahwa testing, tracing, dan vaksinasi adalah hal yang penting dalam mengatasi kasus Covid-19. 

"Jadi saya berharap kita semua menyadari masalah vaksin ini satu hal yang penting," ujarnya.

(BACA JUGA:Inilah Panduan Persyaratan Pasien yang Dinyatakan Sembuh Covid-19 dari Kemenkes)

Dia mengatakan, tracing dan testing dilakukan agar dapat mendeteksi lebih awal warga yang terpapar virus Covid-19.

“Jika lebih awal bisa dideteksi sehingga bisa dirawat dengan bagus dan rata-rata penyembuhannya delapan hari dan tingkat penyembuhannya lebih cepat, tapi tingkat meninggalnya pun lebih cepat kalau penanganannya tidak cepat,” jelasnya.

Luhut menambahkan, upaya peningkatan testing dan tracing akan menyasar wilayah aglomerasi yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Solo, Semarang, dan Malang. (SS)


Tags : #testing dan tracing saat ppkm level 4 #luhut binsar pandjaitan #ppkm level 4
Kategori : Nasional
Reporter : Della ayu az-zahra
Editor : Gus Zain