Ternyata Ada Peran Orangtua Dibaliknya! Berikut 3 Penyebab Anak Menjadi Nakal Menurut Ustazah Oki Setiana Dewi


Penyebab anak menjadi nakal-OpenClipart-Vectors / 27386-Pixabay

SEPUTAR SURABAYA - Ustazah Oki Setiana Dewi membagikan sejumlah penyebab Anak menjadi Nakal yang ternyata ada peran Orangtua dibaliknya. Anak merupakan sebuah anugerah luar biasa yang diterima dari Allah SWT.

Memiliki anak dengan watak penurut serta mudah diatur adalah salah satu impian yang diinginkan oleh banyak orangtua. Namun, hal semacam itu tentu tidak dapat berjalan sesuai dengan keinginan manusia sebab Allah SWT merupakan pemegang kuasa alam semesta ini.

Lantas bagaimana jika orangtua dihadapkan dengan anak yang nakal? Perlu diketahui bahwa seorang anak menjadi nakal itu memiliki beragam penyebab. Orangtua tidak bisa menilai bahwa anak menjadi nakal karena perbuatan anak itu sendiri.

Seperti yang disampaikan oleh Ustazah Oki Setiana Dewi dalam ceramahnya yang dikutip dari kanal YouTube SalingSapaTV, Kamis 30 September 2021. Kakak Ria Ricis itu menyampaikan bahwa ternyata ada peran orangtua dibalik penyebab anak menjadi nakal.

Ustazah Oki Setiana Dewi menjelaskan salah satu penyebab anak menjadi nakal karena ada kesalahan orangtua di masa lalu dalam hal mendidik sang anak. Sehingga, anak nakal bukan karena dirinya sendiri melainkan ada peran orangtua dibaliknya yang menyebabkan anak tersebut menjadi bandel atau nakal.

(BACA JUGA:5 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Tanpa Watermak dengan Kualitas Jernih di Playstore)

Tidak hanya itu, Ustazah Oki Setiana Dewi juga membagikan sejumlah penyebab lainnya anak menjadi nakal, di antaranya: 

1. Sesuatu yang Haram Masuk dalam Tubuh


Orangtua memperoleh uang tidak halal-A-r-e-s-Pixabay

Penyebab anak menjadi nakal adalah kemungkinan adanya sesuatu yang haram masuk ke dalam tubuhnya. Sesuatu haram yang dimaksud di sini adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh sang anak.

"Mungkin ada makanan haram yang masuk ke tubuhnya, mungkin ayahnya pernah nyari duit dengan cara yang tidak halal tapi kita nggak tau," kata Ustazah Oki Setiana Dewi.

Makanan yang berasal dari yang haram dan masuk serta melekat pada tubuh sang anak, akan membuat anak tersebut memiliki watak yang nakal atau bandel.

(BACA JUGA:4 Aplikasi Pemutar Musik Offline untuk Android, Fitur Menarik Tanpa Ribet Kuota)

2. Proses Pengasuhan yang Salah


Orangtua memukul anak-geralt-Pixabay

Penyebab selanjutnya yang membuat anak menjadi bandel adalah proses pengasuhan yang salah yang membuat orangtua kurang sabar saat mendidik sang anak.

"Mungkin dalam proses pengasuhan anak ada yang membuat kita tidak sabar, kita marah padanya, kita menyakiti hatinya, kita memukul dia, misalnya," ucap Ustazah Oki Setiana Dewi.

Lebih lanjut, Ustazah Oki Setiana Dewi pun mengingatkan untuk tidak memukul sang anak sebab ketika orangtua memukul anaknya, maka pukulan tersebut akan selalu terekam dalam memori ingatan sang anak sekalipun bekas pukulan tersebut sudah hilang.

(BACA JUGA:5 Aplikasi Pembersih RAM Gratis untuk Android, Bantu Performa Ponsel Jadi Makin Ngacir)

3. Sungkan Menunjukkan Rasa Sayang pada Anak


Orangtua mencium anak-StockSnap-Pixabay

Tidak memberikan kasih sayang secara penuh juga termasuk penyebab seorang anak menjadi nakal. Hal tersebut dapat dilihat dari orangtua yang sulit untuk mewujudkan ekspresi rasa kasih sayang kepada sang anak.

Di masa sekarang, Ustazah Oki Setiana Dewi masih sering menjumpai orangtua yang sungkan menunjukkan rasa sayangnya kepada sang anak.

"Banyak orangtua yang gengsi memeluk dan mencium anaknya. Sayang sih sayang, tapi tidak sanggup mewujudkan ekspresi kasih sayang kepada anak," ujar Ustazah Oki.

Ustazah Oki menjelaskan bahwa dalam ajaran Islam, apabila sayang atau cinta kepada seseorang, maka katakan yang sejujurnya kepada orang tersebut.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Nyeri Otot hingga Anti Kanker)

"Nak, Umi sayang ke kamu, Umi cinta sama kamu, Nak," kata Ustazah Oki Setiana Dewi selagi mencontohkan.

Menurutnya, anak-anak yang kekurangan pelukan, ciuman, serta belaian, ketika menginjak usia remajanya nanti sang anak akan merasakan kehidupannya hampa sehingga mereka mencari pelukan dan ciuman dari orang lain agar kebutuhan emosionalnya dapat terpenuhi.

"Jadi kalau anak kita nakal, selain diberikan doa yang baik, kita juga harus introspeksi diri," ujar Ustazah Oki Setiana Dewi.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Gaya Hidup