Mampu Atasi Jerawat! Inilah 7 Manfaat Daun Bidara yang Perlu Diketahui agar Kesehatan Tubuh Terjaga


manfaat daun bidara-Pixabay-stokpic

SEPUTAR SURABAYA – Manfaat Daun Bidara ternyata mampu mengatasi Jerawat pada wajah serta mengobati permasalahan Kesehatan lainnya. tanaman herbal yang populer di Indonesia ini memang sudah sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Banyak rumah yang menanam daun bidara lantaran perawatannya yang tidak begitu rumit sehingga mudah untuk dipelihara. Bahkan beberapa tanaman bidara bisa tumbuh liar yang mungkin bisa ditemui di sekitar lingkungan Anda.

Tanaman dengan istilah latin Ziziphus mauritiana ini memiliki bentuk  daun yang bulat memanjang, batangnya berduri, dan pohonnya relatif berukuran kecil. Pohon bidara umumnya tumbuh di daerah yang kering dan membentuk seperti semak.

(BACA JUGA:7 Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Mimisan)

Meski tanaman ini bisa tumbuh liar dan mudah ditemui, manfaat daun bidara dipercaya mampu mengobati berbagai permasalahan kesehatan. 

Merangkum dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat daun bidara yang baik bagi kesehatan bahkan mampu untuk mengatasi jerawat.

1. Mengatasi Wasir


ilustrasi wasir-nastya_gepp-pixabay.com

Selain mampu mengatasi jerawat, daun bidara bermanfaat untuk mengatasi penyakit wasir. Hal ini bisa terjadi karena daun bidara mampu mengikat lemak jahat dan mampu mengeluarkan berbagai racun di dalam tubuh melalui fases, sehingga pencernaan menjadi lancar dan gangguan wasir akan teratasi.

Untuk mendapatkan hasil yang manjur, minum air rebusan daun bidara dan membalurkan tumbukan daun bidara ke area yang bengkak.

(BACA JUGA:5 Cara Jitu Agar Anak Doyan Makan Sayur, Sajikan Semenarik Mungkin Salah Satunya)

2. Mempercepat Penyembuhan Luka


ilustrasi luka-Pixabay-Shutterbug75

Daun bidara memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. 

Selain itu kandungan flavonoid dan tanin berfungsi untuk menghentikan pendarahan dan menutup luka pada kulit. Tak hanya itu, senyawa glikosida yang ada pada daun bidara bisa membantu untuk menghilangkan bekas luka karena mampu meregenerasi kulit secara cepat. Caranya cukup dengan oleskan daun bidara yang sudah dihaluskan pada kulit yang terkena luka.

3. Mengatasi Jerawat


ilustrasi jerawat-Pixabay/Kjerstin_Michaela-

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daun bidara memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti bakteri yang bisa membantu mengatasi permasalahan jerawat, mengangkat sel kulit mati, serta mempu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Cama menggunakan daun bidara untuk mengatasi jerawat.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Nyeri Otot hingga Anti Kanker)

- Tumbuk 5 lembar daun bidara sampai halus

- Campur dengan sedikit air bersih

- Aplikasikan ke seluruh wajah untuk dijadikan sebagai masker

- Diamkan selama kurang lebih 15 menit

- Kemudian bilas dengan air bersih.

(BACA JUGA:Penuh Segudang Nutrisi! Beginilah 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh )

4. Mengatasi Gangguan Lambung


ilustrasi asam lambung-Pixabay-Derneunemann

Manfaat daun bidara berikutnya adalah untuk mengatasi gangguan lambung. Bagi Anda yang memiliki magh karena sering tidak menjaga pola makan secara teratur bisa mengonsumsi air rebusan daun bidara untuk mengatasinya.

Ekstrak dari daun bidara dipercaya dapat melindungi dinding lambung dari zat asam yang ada di dalam lambung. Selain itu kandungan zat antipasmodik atau anti kram dapat membantu meringankan gejala sakit perut yang terasa perih.

5. Mencegah Diabetes


ilustrasi diabetes-Pixabay-Myriams-Fotos

Penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja dari segala usia, penyakit ini membutuhkan perawatan yang maksimal untuk menyembuhkannya karena cenderung bersifat tahunan ketika menyerang manusia.

(BACA JUGA:7 Manfaat Buah Apel selain untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Memelihara Kulit Wajah dan Menutrisi Rambut)

Salah satu obat herbal yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi diabetes adalah air rebusan daun bidara. Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun ini mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh. 

Selain mengonsumsi air rebusan daun bidara secara teratur, pemilik penyakit diabetes juga harus menjaga pola makan dan pola hidup sehat agar kadar gula dalam tubuh dapat stabil.

6. Merawat Kesehatan Rambut


Ilustrasi rambut rontok-pimnana-Pixabay

Daun bidara ternyata juga berkhaiat untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan mengaplikasikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic dapat membantu rambut lebih kuat dan mencegah kerusakan serta mengatasi rambut rontok.

(BACA JUGA:Ternyata Ada Peran Orangtua Dibaliknya! Berikut 3 Penyebab Anak Menjadi Nakal Menurut Ustazah Oki Setiana Dewi)

7. Menurunkan Demam


ilustrasi demam-pexels/polina tankilevitch-

Kandungan flavonoid yang ada dalam daun bidara dapat membantu untuk menurunkan suhu tubuh yang panas akibat demam. Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun bidara untuk menurunkan demam.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun bidara untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi air rebusan daun bidara tidak memiliki dosis tertentu sehingga Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kondisi kesehatan.

Terdapat ekstrak daun bidara dalam bentuk suplemen yang bisa Anda konsumsi secara praktis dan sudah dijual di pasaran, pastikan untuk membeli produk yang memiliki izin BPOM.

(BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan, Bisa Membantu Membunuh Sel Kanker Salah Satunya)

Apabila Anda ragu atau memiliki alergi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga ahli atau dokter. Semoga bermanfaat.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Kesehatan