Mengenal 7 Manfaat Daun Salam, Mulai dari Mengobati Asam Urat hingga Redakan Stres


manfaat daun salam-pexels-pexels.com

SEPUTAR SURABAYA – Ternyata Manfaat Daun Salam bukan hanya sebagai bahan untuk membuat masakan saja, akan tetapi banyak Khasiat yang bisa membantu Kesehatan tubuh loh. Berikut penjelasan dari beberapa Manfaat Daun Salam.

Daun salam pasti sudah tidak asing lagi bagi para bunda yang selalu menyiapkan bahan-bahan dapur. Pasalnya daun ini selalu menjadi bahan penyedap dalam masakan.

Akan tetapi, kandungan yang terdapat dalam daun salam ternyata bisa sangat berkhasiat bagi tubuh, mulai dari mampu mengobati Asam Urat hingga meredakan Stres.

(BACA JUGA:Mampu Atasi Jerawat! Inilah 7 Manfaat Daun Bidara yang Perlu Diketahui agar Kesehatan Tubuh Terjaga)

Melansir dari PMJ News, tanaman yang memiliki nama latin Syzygium Polyantum ini mengandung berbagai jenis senyawa mulai dari niasin, serat, tannin, serta vitamin C. 

Daun salam juga memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi di antaranya zinc, selenium, magnesium, potasium, dan kalsium. Oleh karena itu banyak juga masyarakat yang menggunakan daun salam sebagai obat herbal.

Berikut 7 manfaat daun salam yang baik untuk kesehatan dilansir dari berbagai sumber, salah satunya mampu meredakan stres.

(BACA JUGA:Wow! Bisa jadi Alternatif Diet, Inilah 5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan)

1. Mengobati Asam Urat


ilustrasi asam urat-Pixabay-mrdjrlawrence

Manfaat dari mengonsumsi daun salam adalah mampu mengobati asam urat. Hal ini karena kadungan flavonoid yang ada pada daun salam mampu mengurangi kadar asam urat di dalam darah.

Penyakit yang sering menyerang persendian hingga merasa nyeri dan membuat aktifitas menjadi terganggu ini bisa diatasi dengan mengonsumsi racikan minuman dari daun salam.

Caranya dengan merebus 25 daun salam dengan takaran air 500ml, biarkan sampai mendidih hingga air menyusut separuhnya. Minum air rebusan daun salam tersebut 2 kali dalam sehari.

(BACA JUGA:7 Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Mimisan)

2. Menurunkan Kadar Gula Darah


Ilustrasi kadar gula darah-PhotoMIX-Company-Pixabay.com

Air rebusan daun salam juga dipercaya bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah karena mengandung senyawa polifenol. Kadar gula yang tinggi bisa memicu penyakit diabetes sehingga dengan mengonsumsi daun salam, Anda juga berpotensi terhindar dari penyakit tersebut. 

Anda bisa meminum air rebusan daun salam selama sebulan penuh secara rutin, jangan lupa untuk selalu memantau kadar gua dalam tubuh.

3. Baik untuk Jantung


ilustrasi jantung sehat-Pixabay-JanBaby

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian yang paling banyak di dunia. Dengan mengonsumsi daun salam, Anda bisa terhindar dari serangan jantung dan stroke karena di dalamnya terdapat kandungan phytonutrient. 

Cara mengonsumsinya Anda bisa merebus daun salam dengan bunga mawar liar dalam air sebanyak 300 ml, kemudian tunggu hingga mendidih sampai menyisakan air 75 ml.

(BACA JUGA:4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Tetap Cantik dan Sehat, Ketahui Cara Pakainya di Sini)

4. Meredakan Stres


ilustrasi stres-dok.Engin_Akyurt -pixabay.com

Salah satu manfaat daun salam yang jarang orang ketahui adalah kemampuannya yang bisa meredakan stres dan rasa cemas. Hal ini karena adanya kandungan linalool yang terdapat pada daun salam yang berfungsi untuk menurunkan hormon stres dalam tubuh.

Anda bisa menghirup aroma dari air rebusan daun salam atau berendam dengan menggunakan rebusan daun salam. Hal ini dapat membantu tubuh Anda segar kembali dan dan pikiran menjadi rileks tanpa perlu menghabiskan biaya mahal untuk pergi ke salon. 

5. Mengatasi Diare


ilustrasi diare-Pixabay-Pixabay

Daun salam memiliki manfaat yang baik bagi pencernaan, di antaranya mengobati gangguan mulas dan perut kembung. Kandungan etanol di dalam daun salam bisa memperlambat pertumbuhan bakteri jahat yang adadalam tubuh seperti E. Coli, salmonella, dan vibrio cholera. Bakteri tersebut yang biasanya menyebabkan diare. 

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Manggis Berikut Ini Mampu Menyehatkan Tubuh, Mulai dari Anti Peradangan hingga Alternatif Diet)

6. Mengobati Batu Ginjal


ilustrasi batu ginjal-pixabay/mohamed_hassan-

Rebusan air dari daun salam dipercaya mampu mengurangi kadar enzim urease yang ada dalam tubuh. Enzim ini merupakan salah satu senyawa yang membentuk batu ginjal dalam tubuh. Oleh karena itu rebusan daun salam efektif untuk mengobati batu ginjal.

7. Menghilangkan Rasa Letih


ilustrasi lelah-pexels/Ron Lach-

Setelah melakukan banyak aktifitas seharian, tubuh tentu akan terasa letih dan pegal-pegal. Anda bisa menggunakan daun salam sebagai alternatif untuk menghilangkan rasa letih alih-alih Anda harus pijat dan mengeluarkan biaya yang cukup lumayan.

Gunakan air rebusan daun salam untuk berendam selama kurang lebih satu jam sudah cukup membantu tubuh Anda untuk kembali segar. Hanya dengan bahan herbal sederhana, Anda sudah bisa merasakan relaksasi di rumah.

(BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Paling Ampuh, Gunakan 6 Bahan Alami Berikut Ini)

Daun salam relatif aman untuk dikonsumsi oleh mesyarakat umum. Daun ini sering sekali dijadikan sebagai penyedap dalam masakan sehingga memberikan aroma harum pada makanan.

Daunnya tidak bisa dimakan secara langsung karena sistem pencernaan tidak mampu mencerna daun salam. Oleh karena itu cara mengonsumsinya hanya bisa direbus dengan air. Saat dibuat sebagai penyedap makanan juga daun salam akan dibuang jika aromanya sudah keluar. 

Daun salam bisa dikonsumsi dalam bentu suplemen herbal. Akan tetapi untuk mengonsumsi suplemen daun salam, Anda perlu berkonsultai lebih lanjut dengan dokter karena dikhawatirkan terdapat alergi.

(BACA JUGA:5 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Nyeri Otot hingga Anti Kanker)

Efek samping yang disebabkan oleh alergi bisa terjadi gangguan pada saluran pencernaan atau pun sesak napas. 

Demikian ulasan mengenai manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui agar bisa membuktikan sendiri khasiatnya.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Kesehatan