5 Keutamaan Membaca Sholawat, Mulai dari Pahala Berlipat Hingga Doa Terkabul


kaligrafi Muhammad-dok.Abdullah_Shakoor-pixabay.com
SEPUTAR SURABAYA
 - Membaca sholawat Nabi memiliki berbagai keutamaan yang luar biasa. Apalagi jika rutin dilafalkan.

Bagi kaum Muslim yang rajin membaca Sholawat bisa membuat Doa Terkabul hingga mendapatkan Syafaat Nabi. 

Sholawat juga merupakan perintah dari Allah SWT kepada kaum Muslim. Hal itu tertera dalam Al-Quran surat al-Ahzab (33) ayat 56.

(BACA JUGA:Hukum Menjual Kulit Hewan Kurban, Bolehkah? Begini Penjelasannya) 

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini 5 Keutamaan membaca sholawat.

1. Pahala Berlipat

Bagi kaum Muslim yang membaca sholawat bisa mendapatkan pahala berlipat. Hal itu disebutkan dalam sebuah hadis.

(BACA JUGA:5 Amalan Bulan Dzulhijah, Mulai Dari Berpuasa Hingga Berkurban)

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

2. Mengangkat derajat

Selain bisa mendapatkan pahala berlipat, membaca sholawat juga bisa mengangkat derajat. Hal ini sebagaimana tertera dalam sebuah hadis riwayat Ahmad.

"Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’." (HR Ahmad).

(BACA JUGA:3 Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Bisa Menghapus Dosa yang Lalu Salah Satunya)

3. Mendapatkan syafaat Nabi

Kaum Muslim yang ingin mendapatkan syafaat Nabi bisa membaca sholawat secara rutin. 

Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah SAW bersabda, "Jika kalian mendengar azan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuah tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat." (HR Muslim).

4. Dikumpulkan di Surga Bersama Nabi

Bersama Nabi di surga merupakan keinginan setiap umat Muslim. Salah satu cara untuk mewujudkannya yaitu dengan banyak membaca sholawat.

(BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Berikut Niat Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah Lengkap Bahasa Arab, Latin Serta Terjemahan)

Rasulullah SAW bersabda, "Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

5. Membuat Doa Terkabul

Keutamaan membaca sholawat lainnya yaitu membuat doa terkabul. Caranya yaitu dengan mengagungkan Allah SWT, kemudian membaca sholawat lalu berdoa dengan doa yang dikehendaki.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

(BACA JUGA:Jangan Sia-siakan! Inilah Keutamaan Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah)

Demikian 5 keutamaan membaca sholawat Nabi, mulai dari mendapatkan pahala berlipat hingga membuat doa terkabul. Wallahu a'lam.

Ikuti berita terkini dari Seputar Surabaya di Google News, klik disini

(SS)

`
Kategori : Oase